Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Maksimalkan Fungsi TRC-PB 

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI —- Menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi hingga awal tahun 2023 mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari maksimalkan fungsi Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB).

Kepala BPBD Kota Kendari, Paminuddin mengatakan, Sebanyak 30 personil TRC-PB mengikuti pelatihan dan pengembangan Kapasitas yang akan berlangsung selama tiga hari.

“ini untuk memastikan semangat TRC-PB menghadapi situasi dan kondisi yang tidak bersahabat misalnya cuaca ekstrem, bencana,” Kata Paminuddin usai membuka kegiatan Pengembangan kapasitas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kota Kendari tahun 2022 di salah satu Hotel di Kota Kendari, Selasa (13/12/2022)

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kembali pemahaman serta kompetensi para personel TRC-PB dalam mengahadapi kemungkinan bencana yang akan dihadapi.

“Harapannya semua tim yang ada harus profesional, ikhlas, serta dapat berpikir bagaimana menyelamatkan dan melayani masyarakat Kota Kendari ketika terjadi musibah,” katanya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengapresiasi langkah BPBD dalam melakukan antisipasi dini penanggulangan bencana.

Sesuai namanya, TRC-PB diharapkan dapat bertindak cepat dan tepat dalam mengambil tindakan ketika terjadi situasi yang tidak diinginkan.

“Kita harap TRC-PB bisa menyelesaikan masalah dalam situasi segenting apapun, karena bencana bisa datang kapan saja,” Kata Ridwansyah

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Comment