BPVP Kendari Bersama KSBSI dan Disnakertrans Sultra Peringati May Day

Berita, Kendari, SULTRA158 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI — Memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh setiap 1 Mei, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kendari dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Lomba Tadarus Al-Qur’an di Aula Serbaguna BPVP Kendari, Minggu (24/4/2020).

Dalam giat Lomba Tadarus Al Qur ‘an ini, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra, Bupati Konawe Utara, KADIN Sultra, BPJS Kesehatan Sultra, BPJS Ketenagakerjaan Sultra, BIGLAND Kendari, McDonalds Kendari, PT. Wilayah Inti Nusantara (WIN) Kendari dan PHRI Sultra turut menjadi pelopor suksesnya kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut.

Koordinator Wilayah (Korwil) Konfederasi SBSI Sultra Alvian Pradana Liambo, mengatakan momentum peringatan May Day yang jatuh pada bulan Ramadan tahun ini dirayakan dengan pendekatan yang berbeda dari sebelumnya. Biasanya dilakukan dengan aksi demonstrasi kini dikemas dengan perlombaan yaitu Lomba Futsal dan Lomba Tadarus Al Qur’an.

“Kami menggandeng semua untuk mensukseskan agenda ini, dan untuk aksi demonstrasi kita ganti dengan diskusi untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan harmonis,” terangnya.

Ia menjelaskan, pada lomba ini diikuti sebanyak 27 orang peserta dimana untuk juaranya dibagi menjadi tiga yaitu juara satu, dua dan tiga. Setiap juara akan mendapatkan piagam penghargaan dan uang tunai begitu juga dengan peserta lain yang belum mendapatkan juara tetap mendapatkan piagam penghargaan dan uang tunai.

“Alasan lain, kegiatan ini terselenggara juga karena kita ingin menanamkan kepada generasi muda akan rasa cinta terhadap Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi umat Islam termasuk bagi para pekerja khususnya umat muslim, yang patut diamalkan dalam dunia kerja,” jelasnya.

Atas hal itu juga, lanjut dia, pihaknya sangat berharap jika kegiatan yang telah terselenggara saat ini, bisa terus berjalan di tahun-tahun berikutnya sehingga benar-benar tercipta kondisi yang harmonis dan kondusif di daerah kita Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan kami dengan pengusaha dan pemerintah. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah menyisipkan rejekinya untuk mensukseskan kegiatan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu di tempat yang sama juga menuturkan, jika pihaknya sangat bersyukur dan berbangga atas terselenggaranya Lomba Tadarus Al-Qur’an, pasalnya hal itu menjadi sejarah baru bagi BPVP Kendari atau BLK Kendari sejak berdirinya 40 tahun silam atau tahun 1982 yang lalu dan ini bisa menjadi yang pertama untuk dunia dalam Perayaan May Day.

“Ini lebih bermanfaat dan bermakna bagi kita semua daripada saudara-saudaraku para buruh harus turun ke jalan dan berdemonstrasi, apalagi perayaan May Day kali ini bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan,” tuturnya.

Ia memaparkan, aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional tidaklah dilarang, akan tetapi tidak semestinya dilakukan dengan gontok-gontokan atau demonstrasi bila forum dialog dan diskusi masih terbuka buat kita semua, sebab untuk tuntutan perbaikan nasib dan kesejahteraan buruh bisa diselesaikan dengan diskusi dan dialog yang baik antara buruh dengan pemerintah serta para penyedia kerja.

“Caranya, ciptakan harmonisasi yang baik dan situasi kondusif antara buruh, pemerintah dan pemberi kerja. Soal harapan dan kenyataan yang belum sesuai hal itu tentu bisa dibicarakan, untuk melahirkan solusi terbaik untuk kesejahteraan dan kebaikan bersama,” paparnya.

Perayaan May Day, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), sudah semestinya dilakukan dengan penuh sukacita dan rasa syukur sebagaimana perayaan hari lahir atau hari ulang tahun pada umumnya.

“Olehnya itu, saya berharap kegiatan ini bisa menjadi rutinitas tahunan untuk terus dilakukan dan dikembangkan dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya pada tahun-tahun mendatang. Pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Konawe Utara dan Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Sultra atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan Lomba Tadarus Al Qur’an ini,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadis Nakertrans) Sultra, La Ode Muhammad Ali Haswandy juga mengharapkan, perayaan May Day yang terlaksana di Aula BPVP Kendari bisa menjadi agenda tahunan untuk dilakukan, mengingat manfaatnya yang begitu besar.

Pihaknya, lanjut dia, bahkan berencana untuk Puncak Peringatan May Day tanggal 1 Mei 2022 nanti, akan melaksanakan Zikir Akbar bersama di Kantor Dinas Nakertrans Sultra.

“Mari kita kuatkan keimanan kita dan memupuk silaturahmi di bulan yang penuh berkah ini dengan terus memupuk kebaikan, sehingga kita bisa menjadi orang-orang yang beruntung,” tutupnya.

Untuk diketahui, yang terpilih sebagai dalam Lomba Tadarus Al Qur ‘an ini adalah Juara Pertama diraih oleh Resti Amalia Rijal dengan Nilai 95, Juara Kedua diraih oleh Muhammad Riswan dengan Nilai 93, dan Juara Ketiga diraih oleh Putri Ramadani dengan Nilai 91, yang dinilai oleh 2 orang Dewan Juri yaitu Sitti Nursholihah (Dewan Juri MTQ Provinsi Sulawesi Tenggara) dan Bapak Usman Baso (Ustadz Pondok Pesantren Ummushabri Kendari).

Laporan: Didul

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment