Diklatsar Tamalaki Patowonua Diikuti 200 Orang

banner 468x60

LASUSUA, TOPIKSULTRA.COM — Sebanyak 200 anak muda yang tergabung dalam organisasi pemuda adat suku Tolaki yang disebut Tamalaki Patowonua Kolaka Utara (Kolut), mengikuti pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Pertama, yang digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu, 27 sampai 28 Februari 2021, di Rumah Adat Patowonua Desa Pitulua Kecamatan Lasusua.

Ketua Panitia Diklatsar, Aswan mengatakan, diklatsar ini menjadi ajang silaturahmi dan memperkokoh persatuan serta rasa persaudaraan sesama generasi muda Tolaki, mengangkat tema: Dengan Diklatsar ini generasi muda Tolaki Patowonua Kolut bangkit.

“Jumlah peserta 200 peserta dari 15 kecamatan yang ada di Kolaka Utara,” kata Aswan.

Menurutnya, diklatsar ini menjadi sarana yang baik untuk sama-sama belajar tentang arti norma saling menghargai bukan hanya sesama suku tolaki namun sesama suku lain wajib hukumnya saling menghargai dan menghormati “Inae Kona Sara Iye Pinesara, Inae Lia Sara Iye Pinekasara (Siapa yang menghargai adat dia akan dihormati namun siapa yang tidak menghargai adat dia tidak dihormati,” ujar Aswan.

Aswan menegaskan, kalimat tersebut merupakan hukum adat tertinggi dalam suku tolaki. Hukum ini tidak hanya diberlakukan pada orang lain atau suku lain, namun hukum ini diberlakukan dulu pada suku tolaki.

Sekertaris Tamalaki Patowonua Kolut, Ihwal maulana mengungkapkan, diklatsar I ini menekankan pada pentingnya untuk saling menghargai sesama anak bangsa.

“Semua bersaodara satu nusa satu bangsa. Saling menghargai dan menghormati merupakan kunci kedamaian dalam hidup bermasyarakat,” jelas Ihwan.

Pihaknya, kata Ihwal, menekankan pada peserta untuk menghindari penyelesaian masalah dengan kekerasan. Masalah harus diselesaikan dengan cara-cara yang cerdas.

“Semua harus cerdas dalam menyikapi setiap masalah. Apalagi masalah yang ditimbulkan dari media sosial yang harus dilihat dengan bijak dan cerdas,” tuturnya.

Wakil Ketua Dewan Adat Patowonua (DAP) Surahman, dalam sambutannya saat membuka diklatsar, berharap melalui Diksar ini akan menumbuhkan rasa persaudaraan yang tinggi sesama anak Tolaki.

“Semua harus bangkit dan maju dalam segala bidang kehidupan. Semua harus optimis dan memiliki mimpi untuk sukses, harus mampu menjaga marwah dan adat istiadat suku tolaki. Mengedepankan tindakan cerdas dan kekeluargaan.” pesannya.

Laporan : Ahmar

Editor