Dinkes Kolut Hadirkan Layanan Emergency 119

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA—Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menghadirkan layanan emergency 119 melalui kantor UPTD Public Safety Center (PSC) 119 Emergency Mobile Service.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar bersama wakilnya H Abbas, Sekretaris daerah provinsi Sultra, Nur Endang Abbas Buraera, meresmikan kantor UPTD PSC, Jumat, (7/1/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara, Irham menuturkan, hadirnya layanan emergency mobile 119 untuk memberi kemudahan pada warga yang membutuhkan pertolongan. “Dimana pun mereka berada di wilayah kabupaten Kolaka Utara, layanan emergency mobile 119 akan hadir. Yang kami butuhkan dari warga adalah informasi yang akurat dimana mereka berdomisili sehingga memudahkan tim kami
menjangkau,” katanya kepada wartawan, Jumat, (7/1/2021).

Irham mencontohkan warga yang berdomisili di Desa Pundoho Kecamatan Pakue Utara dan lainnya, cukup memberikan informasi dan alamatnya bahwa ada pihak keluarganya membutuhkan mobil Ambulance dan tidak mengetahui seperti apa masalahnya.

” Jadi warga cukup memberikan informasi bahwa disini butuh tenaga kesehatan sehingga tim kami yang terdekat cepat meluncur ke alamat yang dimaksud,” ujarnya.

Untuk mendukung kinerja layanan emergency 119, Dinkes Kolut menyiagakan ambulans disetiap puskesmas yang berada di kecamatan. “Sebagian masyarakat yang sudah mengetahui adanya layanan ini, hanya satu kali menghubungi tim langsung ke tempat tujuan untuk menjemput,” tuturnya.

Menurutnya, layanan ini sudah berjalan dengan baik selama 3 tahun, sehingga masyarakat tidak perlu bertanya siapa yang akan dihubungi kalau butuh mobil ambulans. “Jadi cukup ingat dan catat PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara. Kami siap mengarahkan yang terdekat,” katanya.

Menurutnya, kehadiran layanan PSC 119 ini juga mendapat perhatian daerah lain, bahkan sudah ada beberapa daerah dari Sultra maupun Sulsel yang studi banding di Kolut, diantaranya; Kolaka, Buton Tengah,Wajo dan Luwu Timur. “Bukan hanya itu, ada beberapa provinsi yang mengundang kami jadi narasumber dan itu kami cepat
tindaklanjuti,” kata Irham.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment