Hingga Oktober 2023, Realisasi Pendapatan Samsat Kendari Capai Rp. 305 M

Berita, Kendari145 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – Realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor di Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Satuan Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Kendari telah mencapai angka 144 Persen. Capaian tersebut dihimpun dari bulan Januari hingga Oktober 2023.

Hingga bulan Oktober tahun 2023, UPTB Samsat Kota Kendari berhasil mengumpulkan sekitar 305 miliar penerimaan pajak dari yang ditargetkan sebesar 225 miliar untuk tahun ini.

Kepala UPTB Samsat Kota Kendari, Ramlah mengatakan, capaian tersebut tidak lepas dari hasil kerja keras anggotamya dalam menghadirkan inovasi pelayanan publik yang prima di Samsat Kota Kendari.

“Hampir tiap bulan kami terus berinovasi, sosialisasi ke masyarakat, merangkul camat lurah untuk bersatu bagaimana mensosialisasikan kemasyarakat. Setiap bulan kami bersama mitra selalu berinovasi,” kata Ramlah

Setidaknya, kata Ramlah, saat ini pihaknya memiliki 5 jenis pelayanan yang tersebar di Kota Kendari. Lima pelayanan tersebut yaitu, pelayanan dikantor Samsat Kota Kendari, Pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Kendari.

Kemudian pelayanan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra, dua unit pelayanan Samsat Keliling dan terakhir pelayanan Samsat Drive Thru yang terletak disekitaran ex Mtq Kota kendari.

“Tahun ini semua unit pelayanan yang menyangkut tentang pajak pembayaran kendaraan sudah dialihkan ke Samsat Kota. Jadi bulan Oktober kemarin pak Kaban melimpahkan ke kami untuk mengelola unit pelayanan itu,” ujarnya

Selain itu, Samsat Kota Kendari bersama para mitra juga gencar melakukan sosialisasi taat pajak dengan menggunakan pamflet, brosur, baliho, hingga mengirimkan pesan singkat langsung ke gadget masyarakat wajib pajak.

Ramlah bahkan tidak ragu untuk turun langsung kelapangan mengecek kendaraan-kendaraan yang mungkin belum melakukan kewajibannya membayar pajak.

“Seperti kemarin kami melakukan door to door, jadi kami sisir dulu plat kendaraan kuning, melihat kalau ada tunggakan pasti langsung kita informasikan, jadi bukan sistem menagih, tapi mengiformasikan bahwa pajak kendaraannya sudah jatuh tempo,” ungkap Ramlah

Ramlah mengaku, peningkatan pelayanan tersebut juga mendapat apresiasi baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB).

“Jadi di tahun 2021 pelayanan publik Samsat Kota Kendari itu mendapat nilai B minus dan berada di peringkat 30 dari 34 provinsi. Saat saya masuk tahun 2022, Alhamdulillah tempat pelayanan publik kita peningkatannya sangat signifikan. Kita mendapatkan nilai A minus dan naik ke peringkat 16, bahkan bisa mengalahkan Jakarta,” ungkapnya

Ramhlah berharap disisa tahun 2023 yang tinggal beberapa minggu lagi, Samsat Kendari dapat melampaui realisasi pendapatan pajak tahun 2022 yang mencapai 177 persen.

“Untuk tahun ini Mudah-mudahan bisa melampaui realisasi tahun lalu, bahkan saya berharap semoga bisa mencapai 200 persen,” pungkasnya.

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Comment