Isi Kekosongan Tiga JTP, Pemda Mubar Gelar Assesmen di Polda Sultra

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, MUNA BARAT– Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat (Mubar) menggelar Assesmen Center jabatan tinggi Pratama (JTP) di Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (14/11/2023).

Puluhan peserta yang mengikuti seleksi assesmen akan mengisi kekosongan tiga jabatan tinggi pratama yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta terakhir staf Ahli Bupati Mubar bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Danang Beny K.

Penjabat (Pj) Bupati Mubar, DR. Bahri mengatakan, diakhir tahun 2023 ini Pemkab Mubar mengalami tiga kekosongan JPT karena pejabat lama akan memasuki purna bakti.

Dua pejabat lama akan pensiun yakni Disperindag Mubar, Pakrun dan Dinas Perikanan Mubar, La Jono. Sementara JTP staf ahli Bupati Mubar sebelumnya sudah pindah menjadi staf ahli Gubernur Sultra yakni La Ode Butolo.

“Inilah yang mendasari Pemda untuk melakukan seleksi terbuka sebagaimana amanah Undang – Undang tentang ASN serta Permen Pendaya Gunaan ASN nomor 13 tahun 2014,” katanya. Selasa, 14/11/2023.

Bahri menjelaskan, pelaksana seleksi JTP tersebut selain dilakukan secara terbuka, juga akan melindungi ASN dari intervensi politik perlakuan diskriminatif ataupun primordialisme birokrasi seperti senioritas. Selain itu berfungsi untuk membangun optimisme ASN akan masa depan kariernya secara jelas.

“Tentunya akan akan meningkatkan kepuasan dan profesionalitas kerja yang bermuara pada efektivitas organisasi pemerintah secara menyeluruh,” jelasanya.

Jebolan STPDN 07 ini berharap, dengan pelaksanaan kegiatan seleksi terbuka JTP dapat semakin mempererat sinergitas hubungan antara Pemda Mubar dan Polda Sultra dalam rangka penataan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur Pemda Mubar.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri ini juga menyampaikan bahwa seleksi Asesmen JTP yang dilakukan di Polda sudah kali kedua dan dilaksanakan langsung Biro SDM Polda Sultra. Kegiatan pertama dilakukan pada Desember 2022 tahun lalu dan berjalan dengan baik dengan hasil yang sangat memuaskan.

“Tentunya kami juga menaruh harapan besar kepada seluruh peserta atau asesi bahwa hasil kompetensi nantinya akan mampu memberikan warna indah dan pendorong terciptanya kesuksesan berbagai program pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Muna Barat,” harapnya.

Sementara Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Danang Beny K mengatakan, Assesmen Center merupakan metode penilaian standar yang bertujuan untuk menilai dan mengukur potensi calon pejabat serta memprediksi keberhasilan mereka dalam mengemban suatu jabatan.

“Melalui pelaksanaan Assesmen ini diharapkan dapat menghasilkan pejabat tinggi pratama yang mampu melaksanakan tugas di satuan kerja dengan lebih baik, bertanggung jawab, optimal dan profesional,” katanya.

Pembukaan Asesemen Center untuk seleksi JTP juga di ikuti Kabupaten Buton Tengah. Untuk peserta dua Kabupaten yakni Mubar dan Buteng sebanyak 34 peserta. Untuk Buteng telah kekosongan dua jabatan yakni Kadis PUPR dan Kadis Pariwisata.

Laporan : Muhammad Nur Alim.

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment