Konferprov PWI Sultra: Sarjono Aklamasi, Ketua DKP Voting

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARIĀ — Pemilihan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara periode 2021-2026, melalui konferensi provinsi (Konferprov) VIII, yang berlangsung di hotel Azizah Syariah Kendari, Jumat malam, (24/9/2021), menetapkan Sarjono sebagai ketua terpilih. Wartawan senior antara ini terpilih secara aklamasi pada forum persidangan yang dipimpin Zulkifli Gani Otto, ketua bidang organisasi PWI Pusat didampingj Moch Kenny Rochlim (pengurus PWI Sultra) dan Aswarlin (Ketua PWI Bau-bau).

Sebelum menetapkan secara aklamasi, Zulkifli Gani Otto meminta peserta yang bersedia mencalonkan atau mengusulkan calon ketua. “Karena sampai persidangan saat ini, belum ada calon yang mendaftarkan diri, maka saya minta siapa yang bersedia mencalonkan diri atau ada yang mau mengajukan calon supaya berdiri, ” kata Zulkifli dihadapan peserta yang hadiri sebanyak 59 orang dari 70 orang pemegang hak suara.

Namun, setelah Zulkifli mengulang pernyataannya hingga tiga kali meminta peserta forum berdiri mencalonkan sebagai calon ketua PWI Sultra periode 2021-2026, tak ada satu pun pemegang kartu kompetensi utama yang bersedia untuk mencalonkan diri, selain Sarjono yang juga ketua demisioner. “Dengan demikian, karena tidak ada calon selain Sarjono, maka sesuai tatib yang sudah kita bahas dan sepakati, apabila hanya ada satu calon, maka dengan sendirinya kita menetapkan Sarjono sebagai ketua terpilih, ” kata Zulkifli seraya mengetok palu.

Sebaliknya, pada pemilihan ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sultra berlangsung secara voting. Pada penjaringan bakal calon ketua, muncul 4 nama yang mengajukan dan diajukan masing-masing Ramli Ahmad (Direktur Buton Pos), Armin Arsyad (Ketua PWI Kolaka), Dr. Umar Marhum (wapimred Rakyat Sultra) dan Dr. Rudi Iskandar Ichlas (pimred telisik id). Belakangan Ramli Ahmad menyatakan tidak bersedia. Begitupun Armin Arsyad, saat sesi penyampaian visi misi sebagai calon ketua DKP, ia menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan. Voting akhirnya dilangsungkan dengan memilih 2 calon yakni Umar Marhum dan Rudi Iskandar. Hasilnya, dari 59 suara yang diperebutkan, Rudi Iskandar unggul dengan mengantongi 35 suara, sedang Umar Marhum 24 suara. Selanjutnya penyusunan struktur kepengurusan PWI Sultra 2021-2026 akan dirampungkan tim formatur yang diketuai Sarjono bersama 3 anggota formatur, Rudi Iskandar, Kenny Rochlim dan Aswarlin serta Zulkifli Gani Otto sebagai pendamping. (Red)

Editor

Comment