PD Aisyiyah Kolaka Kampanye “Isi Piringku Kaya dengan Protein Hewani”

Berita, Kolaka106 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA — Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Kolaka bekerjasama Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Kabupaten Kolaka, menggelar kampanye “Isi Piringku Kaya dengan Protein Hewani”, yang dipusatkan di dua desa, yakni: Desa Tikonu dan Desa Sabiano Kecamatan Wundulako, Ahad,(5/2/2023).

Ketua PD Aisyiyah Kabupaten Kolaka, Hj Andi Tendri Gau, M.Si, dihadapan puluhan ibu-ibu di Balai Pertemuan Desa Tikonu, mengatakan, kampanye ini sebagai salah satu upaya pencegahan penurunan stunting dan perbaikan gizi keluarga.

Kampanye yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Gizi Nasional ke-63 Tahun 2023, yang jatuh bertepatan tanggal 25 Januari, sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian akan pentingnya mencukupi keseimbangan kebutuhan gizi keluarga.

Ketua Persagi Kabupaten Kolaka, Ruhaeda ,M.Kes selaku nara sumber kampanye “Isi Piringku Kaya dengan Protein Hewani”, memberi apresiasi kepada PD Aisyiyah Kolaka yang menggelar kampanye dengan melibatkan puluhan ibu-ibu di Desa Tikonu dan Sabiano.

Ruhaeda yang juga Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kolaka memaparkan, kampanye isi piringku merupakan program pemerintah yang menggantikan program 4 sehat 5 sempurna sebagai pedoman umum gizi seimbang (PUGS), yang memiliki konsep makanan bergizi, seimbang dengan memperhatikan berbagai macam asupan gizi yang terdiri; karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.
“Adapun komposisi isi piringku terdiri dari makanan pokok seperti nasi dengan porsi 2/3 dari ½ piring, lauk pauk dengan porsi 1/3 dari ½ piring, sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dari ½ piring serta buah-buahan dengan porsi 1/3 piring,” jelas Ruhaeda.
Ia berharap, kepedulian masyarakat dalam hal ini kaum ibu untuk menjaga mencukupi keseimbangan gizi keluarga sangat diperlukan peran sertanya, sehingga kita mencegah penurunan stunting dan menjaga kesehatan keluarga.
Koordinator Program Inklusi Aisyiyah Hj Cahaya Rappe selaku penggagas kegiatan, mengatakan kampanye “Isi Piringku Kaya dengan Protein Hewani” dirangkaikan dengan demo masak melalui Rumah Gizi pengolahan makanan bergizi yang menghadirkan menu: nasi tim, telur puyuh dan ikan.
PD Aisyiyah Kolaka melalui program inklusi, juga aktif membina 6 desa di 3 kecamatan melalui Balai Sakinah Aisyiyah (BSA) yang focus pada program pemberdayaan perempuan diantaranya melaui Rumah Gizi pemanfaatan lahan pekarangan untuk dijadikan kebun organik, serta pelatihan pembuatan minyak VCO dan pengolahan makanan ringan.

Laporan: Azhar Sabirin

Editor

Comment