Pemkab Kolaka Siapkan Beasiswa Pendidikan Rp 3 Miliar

Berita, Kolaka, SULTRA65 Views
banner 468x60

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Pemerintah Kabupaten Kolaka menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk putra-putri daerah yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kolaka, Sal Amansyah mengatakan, beasiswa pendidikan itu merupakan bentuk komitmen pemerintah terkait peningkatan pendidikan seperti yang tertuang dalam sembilan program prioritas Pemkab Kolaka.

Sejak tahun 2019, kata dia, pemerintah daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar. Beasiswa pendidikan itu dikhususkan kepada jurusan-jurusan prioritas seperti dokter ahli, IT, dan akuntansi.

Untuk jurusan dokter ahli, pemerintah siap menanggung biaya pendidikan si penerima sampai selesai. Namun penerima beasiswa harus siap mengabdikan dirinya di Kabupaten Kolaka.

“Kita prioritaskan (beasiswa) untuk putra-putri asli daerah Kolaka sehingga tidak ada pikirannya untuk pindah. Betul-betul abdikan dirinya di sini,” kata Sal Amansyah, Senin (25/1/2021).

Disebutkan bahwa pada tahun 2020 lalu, tercatat ada 3 orang penerima beasiswa pendidikan untuk melanjutkan pendidikannya pada jurusan dokter ahli. Nantinya mereka akan ditempatkan di RSUD SMS Berjaya Kolaka.

Kemudian, Dikbud Kolaka juga menyediakan beasiswa pendidikan untuk putra-putri daerah yang ingin melanjutkan pendidikan pada jurusan keterampilan IT, serta beasiswa bagi yang ingin melanjutkan pendidikan pada jurusan akuntansi.

Selain menyediakan beasiswa pendidikan pada jurusan-jurusan prioritas, Dikbud Kolaka juga menyediakan beasiswa khusus untuk siswa-siswi jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang belum terakomodasi pada Program Indonesia Pintar.

“Mulai tahun 2020 kita sudah lakukan verifikasi dan diperuntukan untuk anak-anak miskin, berprestasi, namun belum dicover dengan Program Indonesia Pintar,”

Laporan : Azhar Sabirin

Editor