Puskesmas Senilai Rp 7 Miliar Bakal Berdiri di Kolaka

banner 468x60

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka bakal menambah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Pembangunan Puskesmas prototype itu rencananya dimulai pada April 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri menyebutkan, Puskesmas prototype yang akan dibangun di Kecamatan Latambaga itu disesuaikan dengan standar Kementerian Kesehatan RI.

“Puskesmas yang mau dibangun sudah mengikuti pedoman Kementerian Kesehatan tahun 2020, makanya disebut Puskesmas prototype,” jelasnya, Selasa (9/3/2021).

Puskesmas prototype Kecamatan Latambaga akan memiliki bangunan dua lantai yang bersumber dari anggaran pemerintah pusat (APBN) senilai Rp 7 miliar. Nantinya, Puskesmas itu akan memiliki tempat perawatan yang berbeda dengan Puskesmas lainnya di Kabupaten Kolaka.

“Proses perencanaan sudah kita lakukan. Master plannya juga sudah kita perlihatkan ke pak Bupati Kolaka,” katanya.

Disebutkan, saat ini terdapat 14 Puskesmas di Kabupaten Kolaka. Dengan dibangunnya Puskesmas prototype di Kecamatan Latambaga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Laporan : Azhar Sabirin

Editor