Berdayakan Tenaga Kesehatan, Dinkes Kolaka Rekrut Pendamping UKS

banner 468x60

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka membuka perekrutan calon Pendamping Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Perekrutan itu merupakan upaya Dinkes Kolaka untuk memberdayakan tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri mengatakan, perekrutan Pendamping UKS merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka. Tujuannya, sebut Harun, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya kepada anak usia sekolah.

“Kehadiran Pendamping UKS di sekolah-sekolah ini kita harapkan dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak, sehingga ketika kembali ke rumah, mereka diharapkan bisa menjadi kader-kader kesehatan dalam keluarga,” ujar Harun Masirri, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/3/2021).

Proses perekrutan Pendamping UKS, sebut Harun, mulai dilakukan hari ini. Nantinya, peserta yang dinyatakan lulus akan ditempatkan di sekolah tingkat dasar (SD) dan menengah pertama (SMP). “Tenaga kesehatan yang kita rekrut itu bukan hanya punya ijasah tapi juga harus memiliki kompetensi,” katanya.

Disebutkan, perekrutan Pendamping UKS ini merupakan kali ketiga yang mana sebelumnya sebanyak 106 tenaga kesehatan telah direkrut. Ia berharap semua jenjang sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Kolaka dapat diisi oleh Pendamping UKS.

“Kali ini ada 31 orang yang kita rekrut. Mereka nantinya akan diberikan SK Dinkes Kolaka,” ucapnya.

Laporan : Azhar Sabirin

Editor