Sidak Disperkimtan Bombana, Temukan Warga Tempati Rumah Tidak layak Huni

Bombana76 Views
banner 468x60

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Kabupaten Bombana menemukan rumah dengan kondisi memprihatinkan, beratap serta berdinding terpal di Desa Wumbangka Kecamatan Rarowatu, saat Inspeksi Mendadak (Sidak) beberapa waktu lalu.

Ha itu diungkapkan Kepala Disperkimtan Kabupaten Bombana, Sulaiman, Kepada TopikSultra.com. Saat Sidak tersebut, Dirinya menemukan beberapa rumah dengan kondisi suda tidak layak huni.

“Saya bertemu dan wawancara langsung sama pemilik rumah, katanya sudah 7 tahun tinggal di tempat itu dan sudah memiliki KTP Bombana,” Ungkapya diruang kerjanya, Selasa(30/7).

Sulaiman juga menambahkan, dengan adanya temuan tersebut, dirinya sangat menyayangkan kinerja Pemerintah Desa setempat. Dia menilai Pemdes Wumbubangka, kurang prihatin atas kondisi warga miskin yang tinggal di rumah tenda tersebut.

“Kalau seumpama saya yang tangani tidak jadi masalah, tetapi melanggar aturan. Di Perbup, Dinas Perumahan hanya menangani daerah kumuh dan bencana. Sedangkan di desa sudah punya program Baruga Moico begitu pula dengan kecamatan,” Terangya.

Menindaklanjuti itu, Sulaiman konformasi kepada Kepala Desa Wubangka, masih ada warga tidak mendapatkan bantuan rumah (Baruga Moico) baik dari kecamatan maupun dari desa.

“Saya juga sudah ketemu Kapala Desa terkait rumah tenda ini. Alasan Pak Desa masalah lahan dan mereka hanya tinggal sementara, saya kan tidak mungkin cek satu-satu KTP_nya, tapi kalau yang sudah ada KTP-nya, kenapa tidak diberi bantuan rumah. Saya minta Kepala Desa agar memasukkan warga tersebut ke dalam data penerima bantuan, baik itu Baruga Moico ataupun program bedah rumah,” tegasnya.

Menurut Sulaiman, hal serupa tidak menutup kemungkinan juga terjadi di Desa lainnya, untuk itu dia beraharap kepada seluruh kepala desa di wilayah Bombana, agar lebih proaktif dan peka terhadap kondisi warganya.

“Ini kan baru satu desa yang kita temukan, bagaimana dengan desa yang lain,” ucapnya.

Laporan:Refli

Editor

Comment