Upacara HUT RI ke 75 di KN SAR Pacitan

Berita376 Views
banner 468x60

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM  — Basarnas Kendari mengadakan Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 berlangsung khidmat dan dilaksanakan di atas Kapal KN SAR Pacitan, pada Senin 17 Agustus 2020.

Upacara ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kantor Basarnas Kendari. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi, dalam sambutan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito yang dibacakan oleh Inspektur upacara mengatakan, upacara di tengah masa pandemi Covid-19 degan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan kebiasaan atau kenormalan baru.

“Demi memerangi atau memutus mata rantai penyebaran penyakit berbahaya yang tidak kasat mata dan belum ditemukan vaksinnya hingga saat ini,” ucapnya melalui siaran pers yang diterima topiksultra.com

Kepala Basarnas mengajak memahami bahwa situasi dan kondisi negara khususnya Indonesia dan dunia pada umumnya yang sedang mengalami krisis akibat pendemi Covid-19 diharapkan agar masyarakat tidak boleh stagnan.

“Kita tidak boleh berhenti. Sebaliknya kita harus terus bergerak melawan kondisi yang sulit ini degan kreativitas, inovasi dan terus berkarya. Kita adalah bangsa pejuang, sejarah telah memberikan pengalaman bahwa kita mampu keluar dari berbagai tekanan degan kepala tegak, yang pasti semua butuh perjuangan, semua harus menyamakan persepsi, baik pola pikir maupun pola tindak dalam menghadapi situasi dan kondisi yang sulit ini,” jelasnya.

Selain itu Aris membacakan, semangat 45 juga harus merasuk kedalam sanubari pegawai Basarnas diseluruh Indonesia dan berharap semoga peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini menjadi momentum untuk semua, bagi bangsa Indonesia menyatukan langkah dalam memerangi pandemi Covid-19,” urainya.

Aris Sofingi juga menyampaikan, momentum peringatan hari kemerdekaan RI yang Ke- 75 merupakan bagian yang sangat penting dalam menumbuhkan kembali semangat nasionalisme kepada seluruh anggota apalagi dimasa pandemi dan selalu mengedepankan profesional, sinergi dan militan dalam pelaksanaan tugas.

Untuk diketahui Basarnas Kendari sendiri untuk menyambut hari kemerdekaan dirangkaikan dengan melaksanakan Pembentangan bendera merah putih ukuran 17 x 26 meter yang dibentangkan oleh 17 crew di atas Kapal KN SAR Pacitan mulai dari teluk Kendari menuju perairan pulau hari degan jarak kurang lebih 17 Nautical Mile dari dermaga Basarnas Kendari.

Laporan : Hendriansyah

Editor

Comment