115 Poktan di Mubar Dapat Bantuan 345 Titik Sumur Bor

Berita, Muna Barat157 Views
banner 468x60

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM — Sebanyak 115 Kelompok Tani (Poktan) di kabupaten Muna Barat (Mubar) mendapat bantuan 345 titik sumur bor dengan estimasi tiga titik sumur bor per kelompok tani dari seluruh kecamatan khusus wilayah daratan.

Kepala Dinas Pertanian Kab. Muna Barat, Nestor Jono, mengaku bahwa program tersebut merupakan satu paket dengan program bantuan bibit padi ladang yang di berikan kepada 115 pada tahun 2020 yang lalu. Selanjutnya disetiap lahan kawasan penanaman padi ladang tersebut di bangun sumur bor untuk membantu pengairan pada musim kering.

“Satu paket dengan Bantuan Bibit padi ladang dan itu diperuntukan untuk mengairi lahan-lahan kering atau sawah yang terganggu irigasinya”, jelasnya, Kamis (18/2/2021).

Program ini kata Nestor, merupakan salah satu program pemerintah pusat dengan Anggaran sebesar 3,6 Milyar lebih bersumber dari APBN . Ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid 19.

“Anggaran itu langsung dikirim melalui rekening kelompok masing-masing. Setiap kelompok mendapat anggaran sebesar Rp 32.000.000, untuk pembangunan tiga titik sumur bor”, ujarnya.

Nestor menerangkan bahwa, program tersebut turun di daerah dengan nomenklatur dan juknis yang telah ditetapkan.

“Jadi dalam perencanaan yang dsiapkan adalah enam batang pipa dengan kedalan 24 meter, mesin yang disediakan adalah mesin Alkon, jadi kita hanya urusn teknis”, ujarnya.

Saat ini, progres pembangunan sumur bor tersebut sudah hampir rampung, hanya ada beberapa kelompok di kecamatan lawa yang belum kelar karena ada kendala teknis di lapangan.

“Sepuluh kecamatan sudah selesai, tinggal tiga kelompok di kecamatan lawa yang belum selesai, tapi kami sudah laporkan kepada pemerintah pusat dan pemerintah pusat juga memaklumi kendala di tiga kelompok tersebut”,terang Nestor Jono.

Laporan: La Ode Pialo

Editor