130 Usulan Masyarakat dan 127 Pokir DPRD Jadi Skala Prioritas Pembangunan 2024

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Sebanyak 1.006 usulan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan 323 usulan masyarakat melalui Pokok-Pokok Pikiran Anggota DPRD (POKIR DPRD) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) akan di laksanakan tahun 2024, sesuai kapasitas fiscal yang tersedia.

Pj. Bupati Kolaka Utara Parinringi, S.E, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Dr. Taupiq S. SP, M.M saat membacakan sambutan memaparkan, setelah melalui beberapa tahapan, mulai dari penginputan di tingkat Desa/Kelurahan, Verifikasi Mitra Bappeda, Verifikasi Admin Kecamatan, dan verifikasi OPD Pasca pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah, 9 Maret 2023,
terdapat 1.006 usulan masyarakat melalui Musrenbang.

“Dari jumlah tersebut, dikerucutkan menjadi 130 usulan prioritas, terdiri dari 53 usulan bidang Infrastruktur, 46 usulan bidang ekonomi, dan 31 usulan bidang sosial budaya,” jelas Taupiq Sonda saat membuka secara resmi Musrenbang RKPD di Aula Islamic center Masjid Agung bahrurrasyad wal ittihad Lasusua, Kamis (16/3/2023).

Sementara usulan masyarakat melalui Pokok-Pokok Pikiran Anggota DPRD (POKIR DPRD) sebanyak 323 dikerucutkan menjadi 127 usulan prioritas, terdiri dari 80 bidang Infrastruktur, 43 bidang ekonomi, dan 4 usulan bidang sosial budaya.

“Insya Allah jika tidak ada aral melintang di tahun 2024, semua usulan prioritas, baik yang diusulkan masyarakat melalui Musrenbang maupun melalui POKIR DPRD
akan kita laksanakan tetapi tentu disesuaikan dengan kapasitas fiscal yang tersedia,” ujarnya.

Dalam proses menyusun RKPD tahun 2024 ini pihaknya minta semua pimpinan OPD mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

Taupiq berharap, penyelenggaraan pembangunan tahun 2024 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis serta permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Kolaka Utara secara tepat dan strategis.

“Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi, serta proses panjang lainnya harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD tahun Anggaran 2024,” terangnya.

Menurutnya, dalam menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Kolaka Utara
ada DPRD yang selalu menjadi teman baik dan selalu
mengawasi jalannya pemerintahan.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kolaka Utara, atas kerjasama dan koordinasi yang baik selama ini, mudah-mudahan kita selalu bersinergi dalam membangun Kabupaten Kolaka Utara yang lebih maju, daerah yang sama-sama kita cintai.”

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment