59 Jurnalis Ikuti Media Ghatering KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, LABUAN BAJO – Menyambut penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, pada 9-11 Mei 2023 mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo-RI) menggelar media gathering kepada 59 jurnalis di Kantor Network Operation Center PT. Telkom Indonesia, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (3/5/2023). 

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate menyatakan KTT ke-42 ASEAN akan menjadi momentum unjuk hasil pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk di sektor telekomunikasi sekaligus memberikan pengalaman langsung berkaitan dengan transformasi digital nasional kepada pemimpin ASEAN yang akan hadir. 

“Walapun Labuan Bajo ini wilayah baru dikembangkan Bapak Presiden Joko Widodo, tetapi dipilih untuk menunjukkan masuk di etalase internasional. Hal itu menunjukkan bahwa Indonesia bisa,” jelasnya kepada jurnalis peserta media gathering.

Melalui siaran persnya, Menkominfo menyampaikan bahwa bersama PT Telkom Indonesia, pihaknya akan unjuk performa digital nasional. Mulai dari hasil pembangunan jaringan kabel serat optik, backbone, satelit Telkom Sat, dan Base Transceiver Station. 

“Baik untuk akses internet maupun untuk backup, Sekali lagi ini adalah showcase, keberhasilan pembangunan yang kita lakukan di sektor telekomunikasi dan digital,” tandasnya. 

Johnny menjelaskan, keberadaan infrastruktur digital itu akan menjadi contoh kesiapan Indonesia dalam mendukung migrasi aktivitas masyarakat ke ruang digital.

“Termasuk memanfaatkan ruang digital untuk kepentingan masyarakat secara umum. Khususnya kepentingan ekonomi Indonesia atau persiapan infrastruktur di dalam dukungan KTT ASEAN ke-42 ini,” tuturnya.

Secara khusus, Johnny menekankan keberadaan infrastruktur digital akan dapat menopang diseminasi informasi mengenai KTT ke-42 ASEAN.  

“Kita tidak saja membangun di downstream digital, aplikasi atau platform, tetapi seluruhnya mulai dari infrastruktur hulu. Transmisi dari hasil sidang-sidang itu bisa cepat sampai pada masyarakat apabila infrastruktur digitalnya siap,” ungkapnya. 

Untuk diketahui, Media Gathering yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 3 Mei 2023, diikuti 59 jurnalis yang terdiri dari 20 pemimpin redaksi media nasional, 8 pemimpin redaksi media lokal, 17 wartawan media nasional dan 9 wartawan media lokal. 

Laporan: Novrizal R Topa

Editor

Comment