Dari Balap Kelereng Hingga Balap Perahu, Ini Cara PT CSM Menghibur Warga

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, LASUSUA — Memeriahkan HUT Kemerdeaan RI ke-76, PT.Citra Silika Mallawa (CSM), salah satu perusahaan tambang nikel di Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, menggelar aneka lomba bagi warga Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua.

Lomba yang akan berlangsung dua hari, Sabtu-Ahad, (28-29/8/2021), dibuka Asisten II BidangPerekonomian da Pembangunan Setkab Kolut, Samsuddin, didampingi manajemen PT.CSM dan dihadiri camat Lasusua, Amiruddin, Danramil 1412-03 Lasusua, Kapten (Inf) Hamka, dan pihak polsek Lasusua.

Aneka perlombaan untuk menghibur warga memperebutkan hadiah hiburan, dan dibagi kedalam dua kategori, yakni kategori anak-anak dan dewasa.

Asisten II Setkab Kolut, Samsuddin, mewakili bupati Kolut, menyampaikan sebelum diadakannya kegiatan tersebut sudah ada kesepakatan bersama untuk tetap mengacu kepada protokol kesehatan; mengutamakan menjaga jarak dan memakai masker sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Meski dilaksanakan ditengah keterbatasan pandemi Covid-19, Samsuddin berharap tidak mengurangi tali silaturahim semua pihak, termasuk pihak perusahaan.

Asisten mengapresiasi kepedulian dan tanggung jawab PT CSM terhadap warga sekitar. Dimana dengan kegiatan seperti ini, pihak perusahaan selalu menjalin silatutahim dengan warga di sekitar wilayah tambang. “Saya ingin menyampaikan jangan mudah terprovokasi dari pihak yang ingin memanfaatkan, sehingga warga menjadi korbannya,” ujarnya saat membuka lomba.

Asisten berharap, PT CSM akan selalu peduli dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat, dan selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah konsesi pertambangan, utamanya tenaga kerja lokal, perbaikan jalan, kesehatan dan kebutuhan lainnya.

Dirut PT CSM, H. Syamsu Alam pado menuturkan, sebenarnya kegiatan ini tidak lepas dari dukungan dan saran dari bupati Kolut, yang selalu berpesan agar selalu menjaga sinergitas dengan masyarakat sekitar.

Pihaknya, kata Syamsu Alam, selalu membangun komunikasi dengan warga sekitar, dan pihaknya bersyukur karena masyarakat bisa mendukung kehadiran perusahaan. “Kami berkomitmen untuk selalu menyisihkan sebagian pendapatan perusahaan kepada warga, sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Kedepan, tutur Syamsu Alam, pihaknya akan membangun akses jalan desa dari Sulaho tembus Desa Lambai, sehingga akses ke desa Sulaho tidak lagi terisolir.

Kepala Desa Sulaho, Muhammad Nasir mengatakan, lomba 17-an sedianya akan dilaksanakan bertepatan pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2021. Namun karena ada inisiatif dari pihak perusahaan untuk dilaksanakannya kegiatan yang lebih meriah, sehingga baru dapat dilaksanakan.

“Kegiatan seperti ini baru pertama kali digelar di desa kami, kami mengucapkan terimakasih kepada pihak PT CSM,” kata Nasir kepada TOPIKSULTRA.COM.

Menurutnya, aneka lomba yang digelar PT CSM diikuti 3 desa di kecamatan Lasusua dan Kecamatan Lambai.

Berikut aneka lomba HUT RI ke-76 yang digelar PT CSM:

A. Cabang lomba tingkat Anak-anak (peserta khusus warga Desa
Sulaho) :

  1. Makan Kerupuk,
  2. Balap Kelereng,
  3. Lari Karung,
  4. Memasukkan pensil ke dalam botol,
  5. Lomba mewarnai.

B. Cabang lomba tingkat dewasa (Peserta dari 3 desa; Desa Pitulua,
Sulaho dan Lambai):

  1. Lomba memancing ikan.
  2. Lomba balap perahu motor.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment