Galeri Dekranasda Kolut Diresmikan, Geliat Eksistensi Pelaku UMKM

banner 468x60

LASUSUA, TOPIKSULTRA.COM — Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar, melaunching galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Bundaran Sua Windu, Lasusua, Senin,(5/4/2021).

Sejumlah produk kerajinan dan aneka tenun dari pengrajin seni dan pelaku usaha kecil dipamerkan pada launching galeri dekranasda.

Galeri Dekranasda Kolut menjadi spirit baru Industri kerajinan dan pelaku UMKM yang ada di Kolut.

Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar, mengatakan Dekranasda di Kabupaten Kolaka Utara ( Kolut) sudah lama eksis. Namun diakui, ada suatu fase dimana organisasi tersebut terlihat vakum bahkan nyaris tak terdengar gaungnya.

“Alhamdullilah, Dekranasda Kolut ini kembali bergeliat dan menunjukkan eksistensinya, dengan ditandai adanya pembenahan organisasi,” katanya.

Nur Rahman menuturkan, adanya galeri Dekranasda  tersebut merupakan jawaban atau harapan dari para perajin untuk memiliki galeri yang permanen, sehingga galeri tersebut akan menjadi miniatur segaligus etalase produk-produk kerajinan yang ada di Kabupaten Kolut sehingga untuk mengetahui jenis produk yang ada.

Ia berharap agar para perajin dan pelaku UKM benar-benar dapat memanfaatkan kehadiran galeri ini dengan maksimal, karena galeri ini akan terbuka untuk semua perajin dan semua pelaku Usaha.

“Saya berharap agar kualitas produk yang nantinya dipajang di galeri menampilkan produk yang ikonik yang menjadi ciri khas dan keunikan di Kolut,” ujarnya.

Ketua Panitia Launching Galeri, Ir. Ihwan mengatakan, galeri itu sebagai wadah untuk mempromosikan produk-produk kerajinan khas Kolut seperti olahan makanan, anyaman yang terbuat dari bambu serta kerajinan kreatif lainnya guna meningkatkan kesejahteraan para pengrajin dan industri kecil di masyarakat.

“Jadi siapa saja bisa menitipkan karya kerajinannya seperti makanan khas atau produk hiasan lainnya,” katanya.

Saat ini, tambah Iwan, baru ada sekitar 30 UKM di Kolut yang telah mendaftarkan produk yang akan dipamerkan saat launching nanti. Masih ada beberapa karya kerajinan juga yang tengah dalam pendataan, Olehnya itu ia meminta masyarakat untuk mendaftarkan langsung jika memiliki karya seni hasil dari kerajinan kelompok atau perorangan.

Untuk memeriahkan launching galeri tersebut, dekranasda juga membuat bazar ceria dengan menggandeng beberapa kedai atau cafe di Lasusua sebagai langkah mendukung program Pemerintah Kabupaten Kolut dalam memulihkan ekonomi masyarakat.

Dengan adanya galeri dekranasda diharapkan bisa menjadi elemen penggerak di industri kerajinan, serta bisa menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berkualitas.

Laporan : Ahmar

Editor