Mandiri Sejak SMA, Pemuda ini Bisa Kuliah Tanpa Biaya Orang Tua

profil32 Views
banner 468x60

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Sejak dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA), La Subi (21), pemuda asal Kabupaten Muna ini sudah bekerja keras secara mandiri untuk membiayai hidupnya termasuk memenuhi kebutuhan pendidikannya.

Selepas di bangku SMA Tahun 2016, La Subi melanjutkan pendidikan ke Universitas Halu Oleo (UHO) Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Kendati sibuk bergelut dengan tugas mata kuliah, jiwa mandiri La Subi tidak surut. Ia memilih tampil beda dengan mahasiswa umumnya yang harus menunggu bantuan dan kiriman biaya dari orang tua. Sebaliknya, berada di rantau Kota Kendari yang jauh dari orang tua, Subi justru melihat peluang usaha yang bisa dikelola untuk bisa membiayai hidupnya.

Menjalani perkuliahan di masa-masa awal semester, di waktu luang Subi memanfaatkan kesempatan mencari peluang usaha yang cocok dengan biaya murah, sekaligus mencari tempat usaha. Setelah ketemu, Subi langsung aksi mendirikan usaha bengkel (press ban) dan eceran bensin di Wanggu Permai tak jauh dari kampus UHO. Lokasi tersebut dirasa cocok, selain karena alasan dekat dengan kampus, jalur tersebut juga ramai dipadati kendaraan bermotor.

“Jujur saya giat putar uang yang ada di kantung saya, dan juga saya punya hobi jual beli semenjak SMA,” ujarnya saat bincang-bincang dengan topiksultra.com, di bengkelnya, Selasa (5/5/2020).

Ia mengaku, meski usahanya tidak seberapa besar. Namun, penghasilan dari usaha mandiri yang digelutinya tanpa bantuan orang lain bisa membiayai segala kebutuhan hidupnya. “Alhamdulillah, berkat hidayah dari Sang Maha Kuasa, selalu ada rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidup, walaupun usaha saya belum begitu besar,” ujarnya.

Subi berharap, agar anak muda yang punya cita-cita ingin berusaha agar punya tekad dan merubah cara berpikir. “Anak muda juga harus optimis membangun potensi diri pada bidang usaha sesuai hobi, kalau orang lain bisa bangun usaha kenapa kita tidak,” katanya.

Prinsipnya, tambah Subi, walaupun usaha kecil namun jika ditekuni secara sungguh-sungguh, maka yakin dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Kontributor: La Mulu

Editor

Comment