Nur Rahman Tekankan Mepokoaso dan Sipakatau

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, LASUSUA—Bupati Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, H.Nur Rahman Umar menekankan perlunya membangun semangat tolong menolong, mepokoaso, samaturu, sipakatau, sipakainge. ” Itu adalah kekuatan moral kita dalam menciptakan kerukunan dalam keberagaman di daerah yang kita cintai ini,” kata Nur Rahman selaku ketua majelis pembimbing cabang (mabicab) kwarcab pramuka Kabupaten Kolaka Utara, saat membuka perkemahan pekan kebudayaan daerah (PKD) pertama, yang digelar di pantai Berova Desa Pitulua Kecamatan Lasusua, Jumat, (22/10/2021).

Selain itu, Nur Rahman menitip pesan kepada 340 anggota pramuka penggalang dan majelis pembimbing gugus, untuk memperbanyak teman baru, saling asah,asih, asuh serta senantiasa mengasah keterampilan serta mencintai budaya.

Kemah budaya dengan tema: ” perkemahan peduli budaya untuk pramuka tingkat penggalang (SMP) se Kolaka Utara tahun 2021″ akan digelar 22 sampai 24 Oktober 2021, sebagai tindaklanjut hasil kongres kebudayaan tahun 2019, dimana salah satu poin yang telah disepakati adalah langkah strategis yang di tempuh untuk membentuk generasi muda yang tahu, mengerti, memahami, mencintai,dan merasa memiliki atas aset – aset budaya bangsa terutama potensi budaya yang dimiliki di kabupaten Kolaka Utara.

“Kegiatan ini hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk dapat melahirkan kreativitas baru, orientasi baru dan semangat baru,” ujarnya.

Nur Rahman meminta peserta kemah budaya untuk memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya untu mengaplikasikan nilai -nilai budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, pelaksanaan pekan kebudayaan nasional (PKN) yang berlangsung setiap tahun, dimulai dari pekan kebudayaan daerah. Untuk itu pemerintah daerah melalui dinas pendidikan dan kebudayaan bertanggung jawab mewujudkan pemajuan kebudayaan di daerah sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang nomor 5 tahun
2017 tentang objek pemajuan kebudayaan.


Laporan : Ahmar

Editor

Comment