Pj.Bupati Kolut Serahkan LKPJ Tahun Anggaran 2023 Kepada DPRD

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM,KOLAKA UTARA – Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir.Sukanto Toding,M.S.P,MA hadir secara langsung menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk di bahas pada rapat selanjutnya.

Penyerahan LKPJ tersebut dilakukan pada Rapat Paripurna yang digelar di ruang Rapat Paripurna dan diterima langsung oleh Ketua DPRD, Buhari Djumas,S.Kel.M.Si bersama Wakil Ketua I, Hj.Ulfa Haerudin dan Wakil Ketua II, Agusdin,S.Kom serta seluruh anggota Fraksi yang hadir dan di saksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara,Dr. Taupiq.S. S.P.M.M beserta Kepala OPD serta para Forkompinda.

Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara, Dr.Sukanto Toding mengatakan, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban merupakan agenda tahunan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Oleh karena itu, perkenankan kami menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban secara makro sebagai informasi atas penyelenggaraan urusan Pemerintahan, yang menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara pada Tahun Anggaran 2023,” ujar Sukanto Toding pada saat menyampaikan sambutannya di hadapan unsur Pimpinan dan Fraksi DPRD di Rapat Paripurna. Jum’at (5/4/2024)

Lebih lanjut, Sukanto Toding mengatakan sebagai unsur dari Laporan Keterangan Pertanggungjawaban ini, maka kami awali dengan menyampaikan arah kebijakan umum, khususnya Tema Pembangunan Daerah tahun 2023, dan strategi Pemerintah Daerah melalui Empat Prioritas Daerah sebagaimana dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Kolaka Utara tahun 2023-2026.

” Yang tertuang dalam Tema Pembangunan Daerah Tahun 2023 yang ingin kita capai, yakni Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Optimalisasi Dukungan Infrastruktur dan Pelayanan Publik yang berkualitas, rumusan ini merupakan satu kesatuan konsep tentang kondisi pada tahun 2023, yang hendak diwujudkan, yang di dalamnya terdapat tiga indikator kinerja daerah,” ucapnya

Selain itu, Sukanto Toding menyebut pertama Aspek kesejahteraan masayarakat, yakni kondisi yang diukur melalui indikator makro yang merupakan indikator gabungan dari berbagai kegiatan pembangunan ekonomi sosial, kedua Aspek Pelayanan Umum yaitu kondisi dimana segala bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangan atau urusan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Ketiga Aspek Daya Saing Daerah adalah kondisi untuk mengukur kemampuan perekonomian daerah dalam mencapai pertumbuhan tingkat kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan,” sebutnya

Menurut, Sukanto Toding untuk mendukung pencapaian Tema ini, maka terdapat empat prioritas daerah dalam pelaksanaan Pemerintahan dan Pembangunan Tahun Anggaran 2023, Pertama, Peningkatan Pelayanan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan yang baik. Kedua Pemulihan Ekonomi melalui Peningkatan Hasil Produksi Pertanian dan Pemberdayaan UKM. Ketiga Peningkatan kualitas hidup masyarakat terhadap pelayanan Dasar. Keempat Pengurangan Kesenjangan antar Wilayah melalui Peningkatan Infrastruktur Dasar dan Wilayah untuk mendukung konektivitas.

” Pada aspek pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, kami sampaikan bahwa APBD Kabupaten Kolaka Utara Tahun 2023, telah ditetapkan tepat waktu, dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Utara Nomor 6 Tahun 2023 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kabupaten Kolaka Utara Tahun Anggaran 2023 serta Peraturan Bupati Kolaka Utara Nomor 22 Tahun 2023 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kabupaten Kolaka Utara Tahun Anggaran 2023,” katanya

Selain itu, Sukanto Toding juga menyampaikan bahwa terkait pertanggungjawaban pengelolaan pendapatan dan belanja daerah Tahun Anggaran 2023 ini, telah dilakukan audit pendahuluan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan saat ini setelah penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kolaka Utara Tahun Anggaran 2023 pada hari Kamis, 28 Maret 2024, menunggu proses audit lanjutan.

“Selanjutnya, dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Pemerintah Daerah, dengan mengacu pada indikator kinerja makro yang didukung oleh seluruh Perangkat Daerah, maka berbagai upaya pencapaian indikator kinerja yang telah dijalankan dan dicapai pada tahun 2023,” bebernya

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kolaka Utara tetap tumbuh bahkan cenderung meningkat. Hal ini dapat dilihat dari angka pertumbuhan tahun 2022 tumbuh sebesar 3,85%, jika dibandingkan angka tahun 2021 sebesar 2,66%, artinya mengalami peningkatan sebesar 1,19%. Demikian halnya, angka Indeks Pembangunan Manusia mengalami peningkatan dari 69,50% tahun 2021 menjadi 70,39% di tahun 2022.

“upaya pengentasan kemiskinan dan penurunan angka pengangguran, berkat kolaborasi dari semua pihak, angka kemiskinan dapat kita tekan hingga menjadi 13,08% di tahun 2022, yang sebelumnya masih pada angka 13,79% di tahun 2021. Sedangkan angka pengangguran pada kisaran 2,86% di tahun 2022,” ungkapnya

Pihaknya juga mengungkapkan berbagai penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara atas pelaksanaan program dan kegiatan di Tahun 2023, diantaranya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke.delapan kalinya, atas Hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2022.

Predikat Penilaian B laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2023 dari Kementerian PAN-RB.

Penghargaan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Tahun 2023 yang kedelapan kalinya.

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, atas Komitmen Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat, Kabupaten Peduli HAM Tahun 2023 yang ketujuh kalinya.Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023. Kinerja Penerimaan Pajak Terbaik Tahun 2023.

“Kami yakin bahwa selain berbagai capaian tersebut, tentunya masih banyak hal yang belum kita tuntaskan dan mesti kita benahi bersama di masa-masa mendatang. Karena itu, apresiasi dan terima kasih atas segala sinergi, pengabdian, dan kemitraan yang baik selama ini, saya sampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat, jajaran DPRD, Forkopimda, TNI/Polri, segenap Aparatur Pemerintah Daerah serta insan pers dan Lembaga Swadaya Masyarakat,” imbuhnya

Sukanto Toding berharap bahwa kerjasama dan kemitraan yang telah terjalin selama ini tetap terjalin dengan baik dan membawa manfaat lebih besar bagi keberhasilan dan kemajuan Kabupaten Kolaka Utara ke depan

“demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, terlaksananya tata kelola pemerintahan yang baik menuju Kabupaten Kolaka Utara sejahtera dan berdaya saing.” tutupnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment