Transformasi Digitalisasi Pelindo, Mudahkan Pengguna Jasa Pelabuhan Kendari  

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – PT Pelabuhan Indonesia, Persero (Pelindo) Regional 4 Kendari melakukan transformasi digitalisasi di Terminal Petikemas Kendari New Port, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja operasional dan memberikan kemudahan kepada pengguna jasa.

Digitalisasi yang dilakukan pasca satu tahun Pelindo merger ini di antaranya Go Live Aplikasi My-TOS, My-Bills, My-Depo, Auto Gate, Truck Booking Sistem (TBS), dan Aplikasi Phinisi.

General Manager Pelindo Regional 4 Kendari, Capt. Suparman mengatakan, digitalisasi yang dilakukan itu tentunya juga dalam rangka tindak lanjut dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) di beberapa pelabuhan, termasuk di Kendari.

“Melalui digitalisasi ini diharapkan dapat memberi multiplier effect kepada pengguna jasa dan peningkatan kinerja operasional agar dapat menekan biaya logistik dan mencegah korupsi di wilayah pelabuhan,” terang Suparman.

Ia menuturkan, digitalisasi di lingkungan Pelindo Regional 4 Kendari ini juga merupakan bagian dari transformasi yang telah dilakukan sejak akhir tahun 2021 lalu hingga September 2022.

“Tentunya dalam rangka perbaikan sisi operasional untuk peningkatan kinerja, dimana saat ini seluruh sistem pembayaran telah dilakukan secara sistem elektronik (non tunai) untuk menghindari terjadinya pungli,” ujarnya.

Melalui aplikasi-aplikasi yang diterapkan di Kendari New Port (KNP), para pengguna jasa tidak perlu lagi datang ke kantor untuk permintaan pelayanan maupun transaksi pembayaran.

“Karena semuanya sudah dapat dilakukan secara sistem aplikasi dan non tunai,” imbuhnya, Jumat (30/9/2022).

Suparman berharap, seluruh kinerja Pelindo Regional 4 Kendari akan terus meningkat, seiring transformasi dan digitalisasi yang dilakukan di pelabuhan yang berada di wilayah Tenggara Pulau Sulawesi ini.

Untuk diketahui, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggungjawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi Negara dan masyarakat.

Laporan: Novrizal R Topa

Editor

Comment