BPBD Kolut Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA —- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara bersama Tim Satuan Kerja dari Tagana langsung ke lokasi bencana banjir di Desa Tetebawo dan Desa Mosiku sekaligus menyapa warga yang terkena dampak.

Kepala BPBD Kabupaten Kolaka Utara Dr Hj. Andi Syamsuriani menjelaskan kedatangan kami bersama tim ke lokasi bencana banjir yang terjadi di dua Desa kecamatan Batuputih, Tetebawo dan Mosiku yang terjadi pada Sabtu malam dini sekitar Pukul.01.00 Wita.

“Berdasarkan hasil analisis yang kami terima dari pihak kecamatan dan TNI/Polri.” Ungkapnya kepada Wartawan pada saat ditemui dilokasi Bencana. Minggu, (13/3/2022)

Di Katakan, Data yang kami terima dari Desa Tetebawo kurang lebih 30 KK yang terdampak sementara bantuan yang Kami bawa sebanyak 50 paket sembako untuk dua Desa.

“untuk prenventif penanganan kedaruratan berdasarkan informasi dari pihak kecamatan dan pihak TNI-Polri ada di Desa Tetebawo ini memang ada beberapa sedimen seputaran sungai.” Ujarnya

Menurutnya, Sehingga sungai ini akan dinormalisasi dan secara prosedur dan mekanismenya setelah kami turun kelapangan setelah itu kami juga meminta pihak kepala Desa untuk membuat berita Acara kejadian.

Terpisah, Kepala Desa Tetebawo, Sarman mengungkapkan bahwa Desa Tetebawo ini yang diapit beberapa desa yakni desa Lelewawo,Desa Mosiku dan Desa Parulampe semua aliran sungai ketiga mengalir satu arah ke sungai Desa kami.

“Karena tempat Daerah aliran sungai sangat kecil dan sempit sehingga kalau datang banjir pasti meluap.” Bebernya

Menurutnya, wilayah Desa kami sudah menjadi langganan banjir dan pihak pemerintah juga setiap tahunnya melakukan pengerukan dan pelebaran sungai namun kembali menyempit sehingga harus dilakukan pelebaran sungai.

“Agar tidak meluap lagi ketika banjir lagi dan dalam waktu dekat ini berdasarkan perintah pihak BPBD ke kami untuk melakukan surat permohonan dan berita acara kepada dinas terkait untuk dilakukan pelebaran sungai.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment