DPM- PTSP Bersama Dinas Kominfo Kolut Ikut Bimtek SP4N di Kendari.

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM – PTSP) bersama Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kolaka Utara mengikuti Bimbingan Teknis dan pendampingan penilaian kepatuhan peningkatan pelayanan publik serta peran pengelolaan pengaduan dengan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Kegiatan Bimtek tersebut digelar oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM – PTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara dengan menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika dipusatkan di salah satu hotel di Kendari.Selasa (5/3/2024)

Peserta Bimtek berasal dari 17 Dinas DPM – PTSP dan 17 Dinas Kominfo dan Pegawai Negeri dan pengelola layanan publik se- Sulawesi Tenggara,selain itu juga dihadiri oleh Dr. M. Ridwan Badallah, S.Pd., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara, serta Mastri Susilo, S.Pd., MP, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara.

Kehadiran mereka menandakan dukungan kuat dari berbagai lembaga pemerintah terhadap implementasi dan pengembangan aplikasi SP4N-Lapor di daerah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTS) Sulawesi Tenggara,diwakili oleh Kepala Bidang Investasi, Jany ST. MT menekankan pentingnya pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang efektif.

“Aplikasi SP4N-Lapor merupakan langkah penting dalam memberikan ruang lebih kepada masyarakat untuk melaporkan segala bentuk penyimpangan, sehingga dapat ditindaklanjuti secara cepat dan transparan oleh pemerintah daerah,” ujar Jany kepada peserta saat membuka acara Bimtek. Selasa (5/3/2024)

Lebih lanjut, Jany mengatakan peserta harus diberikan pemahaman mendalam tentang cara kerja aplikasi SP4N-Lapor, termasuk prosedur pengaduan, penanganan, dan tindak lanjut pengaduan. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan responsivitas terhadap pengaduan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah Daerah kabupaten dan Pusat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membangun sistem pemerintahan yang transparan, akuntabel, serta responsif terhadap aspirasi dan keluhan masyarakat. Dengan adanya SP4N-Lapor.

” Sehingga diharapkan semua lapisan masyarakat merasa lebih dihargai dan dilayani oleh pemerintah.” ucap Jany dalam mengakhiri sambutannya.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment