DPRD Kolut Panggil Pansel Perumda Terkait Tahapan Pendaftaran Calon Dirut PDAM

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Utara memanggil Panitia Seleksi Perusahaan Umum Daerah (Pansel Perumda) melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Tahapan Pembukaan Pendaftaran Calon Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tanpanama.

Kegiatan tersebut dipimpin Wakil Ketua II, Agusdin, S.Kom didampingi sejumlah anggota DPRD lintas Komisi dan dihadiri oleh sejumlah Panitia Seleksi bersama Asisten I Mukhlis Bachtiar, S.Pi.M.P yang di gelar di ruang Rapat DPRD. Senin (6/5/2024)

Anggota Komisi I DPRD Bidang Pemerintahan, Surahman,S.Ag meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara yang mendelegasikan kepada Pelaksana Tugas (Plt). Direktur Utama PDAM Tirta Tanpanama dengan Panitia Seleksi yang di bentuk.

” Supaya hasil dari seleksi Calon Direktur PDAM Tirta Tanpanama nantinya harus di bawa ke DPRD untuk dilakukan Fit and Proper test tetapi kami bukan penentu tetap hasilnya di dorong ke Penjabat Bupati dan dialah yang menentukan,” ujar Surahman kepada Wartawan saat diwawancarai usai mengikuti RDP. Senin (6/5/2024)

Lebih lanjut, Surahman mengatakan kami di tim DPRD hanya melakukan Fit and Proper tes hanya memberikan masukan sehingga Calon yang terpilih nantinya bisa melakukan tugasnya dengan baik terutama dalam penagihan di berbagai instansi perkantoran.

” Contohnya di Kantor Dinas milik Pemda dan Kantor Polres yang banyak tagihan tunggakan di PDAM karena di PDAM saat ini dianggap lagi sakit disebabkan tunggakan yang paling banyak sehingga jumlah uang yang masuk tidak mampu untuk membayar gaji karyawannya,” katanya

Surahman juga menyebut PDAM Tirta Tanpanama opor kapasitas seharusnya pegawai yang digunakan hanya berjumlah 70 orang tetapi yang terjadi jumlah pegawai bertumpuk sampai 120 orang sampai 130 orang.

” Sehingga tidak mampulah hasilnya PDAM untuk menggaji mereka karena itu Perusahaan ini sudah dua kali menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) sehingga Penjabat Bupati melakukan rekrutmen Calon Direktur Utama melalui Panitia Seleksi yang dibentuk dan sudah berjalan,” sebutnya

Bahkan, Surahman memberi tantangan kepada pelaksana tugas (Plt). Direktur Utama PDAM Tirta Tanpanama untuk melakukan penagihan di Kantor Polres Kolaka Utara.

” Hampir semua termasuk masyarakat yang banyak pindah tempat sehingga berjalan terus dan sehingga mengakibatkan banyak tunggakan berkisar Rp.7 miliar sampai hari ini

Ditempat yang sama,Asisten I Mukhlis Bachtiar, S.Pi.M.P menjelaskan kehadiran Panitia Seleksi Perusahaan Umum Daerah di Rapat Dengar Pendapat ( RDP) hari ini berkaitan dengan Tahapan Seleksi Calon Direktur PDAM Tirta Tanpanama yang saat ini sudah berjalan sejak di umumkan pada hari Kamis (02-06/05/2024)

” Ada beberapa masukan dari anggota DPRD serta ada juga yang menyarankan sebaiknya Peraturan Daerah di sempurnakan dan dilanjutkan karena didalamnya ingin dimasukkan adanya tambahan Fit and Proper test, ” ujar Mukhlis Bachtiar kepada Wartawan saat diwawancarai usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP). Senin (6/5/2024)

Menurut, Mukhlis Bachtiar mengatakan setelah dari hasil seleksi selesai maka yang akan mengikuti Fit and Proper tes di DPRD mulai dari peringkat pertama sampai ketiga atau peringkat lima besar.

” Tetapi ada juga yang menyarankan kalau seleksi ditunda nanti selesai Pilkada karena akan terganggu tetapi kami berkesimpulan kalau kita berbicara netralitas justru kondisi yang paling netral saat inilah,” ungkapnya

Mukhlis Bachtiar juga menyebut meskipun tidak disebutkan dalam aturan tetapi ini adalah permintaan atau saran yang rasional sehingga kita dapat pikirkan bersama masukan dari anggota Legislatif.

” Bahwa Calon yang diangkat harus memiliki kompetensi untuk memimpin, maka dari hasil fit and Proper tes yang dilakukan oleh DPRD itu kemudian diserahkan ke Penjabat Bupati dan hasil akhirnya yang menentukan setelah diajukan adalah Bupati siapa yang akan ditunjuk jadi Direktur PDAM,” sebutnya

Laporan : Ahmar

Editor

Comment