Isak Tangis Keluarga Sambut Kepulangan 122 Jamaah Haji Kolaka Utara, 1 Wafat di Makkah

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Dari 122 Orang Jama’ah Haji asal Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) tiba di kampung halamannya melalui jalur laut dengan menggunakan kapal Ferry sekitar pukul 13.30 Wita, Kamis (27/7/2023). 1 lainnya Wafat di Makkah

Isak tangis anggota keluarga mereka pecah di Pelabuhan Tobaku yang hadir sejak awal untuk menyambut kedatangan keluarga mereka dari menunaikan ibadah Haji di tanah suci Mekkah.

Rombongan jama’ah haji Kolaka Utara diangkut armada feri KMP Merak dari Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulsel menuju Pelabuhan Tobaku, Kecamatan Katoi. Tiga diantaranya merupakan jamaah lansia harus digendong petugas karena tidak mampu berjalan.

Para jama’ah perempuan tampil mengenakan pakaian mencolok dengan sejumlah pernak-pernik. Sementara rombongan laki-laki dominan memakai thawb (pakaian pria arab) lengkap dengan Keffiyeh (penutup kepala). Kedatangannya disambut isak-tangis anggota keluarga yang telah lama menyesaki di pelabuhan.

Penjabat (Pj) Bupati Kolut, Parinringi mengucapkan bela sungkawa atas wafatnya satu jamaah haji lansia bernama Hapipa di Makkah. Pihak keluarga diminta ihlas atas kepulangannya karena tidak sempat menemui sanak keluarga mereka di kampung halaman.

“Kami akan terus memberi bantuan baik moril dan sosial sebagai bentuk perhatian Pemda kepada para jamaah dan calon haji kedepannya,” ujar Parinringi saat memberikan sambutan atas kepulangan Jamaah di Kantor Pelabuhan Perhubungan.Kamis (27/7/2023)

Untuk diketahui, biaya dan akomodasi pergi-pulang kama’ah haji dari Kolaka Utara -Makassar sepenuhnya ditanggung Pemerintah Kabupaten Kolut. Proses penyambutan mereka di pelabuhan berlangsung tertib dengan pengawalan TNI-Polri dan Pol PP setempat.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment