Jadi Langganan Banjir, Lurah Doule Kerahkan Warga Bersihkan Drainase

Berita, Bombana106 Views
banner 468x60

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Sejumlah masyarakat di Kelurahan Doule yang dipimpin langsung oleh Lurahnya Sukaji Ramang, melakukan kerja bakti membersihkan saluran air (drainase) pada Sabtu, 18 April 2020.

Sukaji Ramang menuturkan, giat bakti tersebut merupakan respon positif dari sejumlah masyarakat setempat atas musibah banjir yang kerap terjadi di wilayah itu.

Sebab ia menilai, salah satu faktor penyebab kelurahan yang dipimpinya itu kerap menjadi langganan banjir adalah terjadinya pendangkalan terhadap sejumlah drainase, sehingga membuat daya tampungnya lebih luas.

“Dipenuhi pasir dan rumput, serta tumbuhan kangkung itu drainasenya. Olehnya, kita arahkan warga untuk bakti membersihkan saluran-saluran air yang tersumbat. Untuk meminimalisir terjadinya banjir,” urainya kepada TOPIKSULTRA.com, Sabtu,(18/4/2020).

Tak ingin kerap menjadi sasaran banjir, ia mengaku telah melaporkan hal tersebut ke dinas terkait, agar melakukan tindakan pencegahan.

“Waktu banjir terakhir juga sudah dicek sama BPBD dan di Dinas Pekerjaan Umum, langkah tekhnisnya kita tunggu,” ucapnya.

Lebih jauh, ia mengimbau kepada masyarakat yang dipimpinnya agar memliki kesadaran kolektif untuk membantu pemerintah setempat dalam penanggulangan banjir.

“Saya harap kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan drainase, jangan membuang sampah di saluran. Makanya ini saya sedang mengupayakan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk menambahkan bak sampah di sini,” tambahnya.

Laporan: Refli

Editor

Comment