Ketum HMI Kolut Minta Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Parinringi

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Masa Jabatan Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi, SE.M.Si akan segera berakhir pada 22 Agustus 2023 mendatang.

Merespon hal tersebut, Ketua Umum HMI Cabang Kolaka Utara, Rafsan Jani, menilai bahwa Parinringi masih sangat layak diperpanjang masa jabatannya hingga 2024 sebagai Pj Bupati Kolut.

Oleh karena itu, HMI Cabang Kolaka Utara meminta pihak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk memperpanjang masa jabatan Parinringi untuk kembali memimpin Kabupaten Kolaka Utara.

Menurut Rafsan Jani, Parinringi telah memahami kondisi medan atau Sosiokultural Masyarakat dan Potensi Sumber Daya Alam Kolut.

“Kita masih membutuhkan Pj Bupati yang telah banyak memiliki pengalaman memimpin Kolaka Utara seperti Parinringi,” ujar Rafsan Kepada TOPIKSULTRA.COM saat dihubungi via selulernya, Senin (14/8/2023).

Menurutnya, Parinringi sangat layak untuk diperpanjang masa jabatannya sebagai Pj Bupati Kolaka Utara, karena dimasa satu tahun kepemimpinannya banyak program yang telah dijalankan.

Selian itu, Parinringi juga memahami Sosiokultural Masyarakat dan Potensi Sumber Daya Alam Kolut sehingga rintangan dan tantangan dapat diatasi sekaligus memberi solusi.

Salah satu potensi Daerah adalah Sumber Daya Alam Kolut yang melimpah terkhusus di Sektor Pertambangan. Potensi ini sekaligus menjadi tantangan bagaimana memanfaatkan SDA tersebut untuk meningkatkan penghasilan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah.

Salah satu kelayakannya Parinringi untuk tetap lanjut sebagai Pj Bupati Kolut untuk ke dua kalinya, menurut Rafsan Jani, kerena konsistensi Parinringi terhadap komitmen bagaimana memaksimalkan potensi sumber daya pertambangan dengan upaya menghadirkan Smelter di Kolut. “Tentu dengan hadirnya smelter akan ada Multiplier Effect di Kolaka Utara di bidang/sektor Perekonomian lainnya,” terangnya.

Menurut Rafsan Jani, selain pengalaman dalam memimpin Kolaka Utara, dan keseriusannya menghadirkan Smelter, beberapa penghargaan yang diraih Kolaka Utara dimasa kepemimpinannya dan sikap responsifnya terhadap keluhan dan keadaan masyarakat, menambah masa jabatan sebagai Pj Bupati Kolaka Utara.

Beberapa penghargaan yang diraih Kolaka Utara dimasa kepemimpinan Parinringi diantaranya: Berhasil mempertahankan piala Adipura dan Penghargaan KLA.

Oleh karena itu, HMI Cabang Kolaka Utara meminta pihak Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia untuk memperpanjang masa jabatan Parinringi untuk kembali memimpin Kabupaten Kolaka Utara.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment