KPU Kolut Lantik Anggota PPS Pilkada

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub), Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 resmi dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Diketahui dari hasil seleksi Calon Anggota Terpilih Panitia Pemungutan Suara dari 133 Desa dan Kelurahan di 15 Kecamatan sebanyak 399 orang yang siap melaksanakan tugas pada hari Pemilihan Umum Kepala Daerah secara serentak tahun 2024 mendatang.

Selain dari Anggota Komisioner Pemilihan Umum, Nurgalia,Robi dan Supyan dan Sekretaris, Abdul Haris selaku penyelenggara Kegiatan Pelantikan dan Bimbingan Teknis, sejumlah Pejabat serta perwakilan baik dari Kejaksaan Negeri, maupun Kodim 1412 Kolaka turut hadir sementara Penjabat (Pj). Bupati diwakili oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Muchlis Bachtiar, S.Pi.MP, Kapolres Kolaka Utara,AKBP.Arif Irawan, S.I.K.S.H.M.H dan Kementerian Agama dan Panitia Pemungutan Kecamatan.

Kegiatan pelantikan dan Bimbingan Teknis berlangsung di Aula Islamic Center Masjid Agung Lasusua tepatnya sekitar pada pukul 14.00 Wita.Minggu (26/5/2024)

Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Kolaka Utara, Nurgalia berpesan kepada seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah di lantik hari ini untuk menjaga netralitas dan nama baik Lembaga.

” Jaga baik – baik karena pengganti itu banyak dan kemudian perlu saya ingatkan kita ini sudah memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur serentak tahun 2024,” ujar Nurgalia kepada Wartawan saat diwawancarai di Aula Islamic Center Masjid Agung Lasusua. Minggu (26/5/2024)

Lebih lanjut, Nurgalia berharap setelah para penyelenggara kembali dari sini agar secepatnya menyesuaikan dengan tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah yang telah berjalan terutama melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Desa tentang kesiapan Sekretariat dan tempat Pemungutan Suara.

” Bekerjalah secara profesional adil dan jujur karena kita sudah berjanji tadi bahkan sudah menandatangani fakta Integritas ketika melanggar ada sanksi menanti harus kita jalankan,” harapnya

Selain itu, Nurgalia menyebut anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilantik sebanyak 399 orang dari masing – masing Desa dan Kelurahan terpilih 3 orang dari 127 Desa dan 6 Kelurahan dan mereka siap ditugaskan.

” Jadi ada beberapa yang sesuai dengan aturan itu anggota PPS akan melakukan Rapat Pleno setiap minggunya untuk merencanakan kegiatan – kegiatan mingguan dan realisasi ketika mereka ada yang tidak hadir dalam rapat mereka lakukan kita panggil serta meminta klarifikasi kenapa tidak hadir,” sebutnya

Menurutnya, kemudian kalau mereka tidak tepat memberikan alasan dari ketidakhadirannya di kegiatan yang dilakukan oleh anggota PPS

” Kalau tidak tepat alasan dan sudah tidak ada niat lagi untuk bekerja maka akan dilakukan pergantian,”ucapnya

Menurutnya, setelah dilakukan pelantikan kegiatan selanjutnya adalah memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan beberapa tahapan dari kegiatan yang dimaksud.

” Untuk pemutakhiran data kita akan mulai bulan depan tepatnya Juni sudah dilakukan pencoklikan dan mereka akan merekrut petugas pemutakhiran data pemilih yang akan mencoklik secara dor to dor dari rumah,” ungkapnya

Sementara itu, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kolaka Utara, Muchlis Bachtiar,S.Pi.MP mengungkapkan pihak Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara siap mendukung dan berkolaborasi dengan pihak penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

” Kami siap muncul karena kenapa 15 Camat,127 Desa ditambah 6 Kelurahan itu dibawah kendali Pemerintah Kabupaten kalau ada yang dalam pelaksanaan kegiatan PPS tidak mau berkolaborasi dalam hal penyiapan sarana dan prasarana dan sebagainya tolong disampaikan ke kami karena itu tugasnya kalau tidak mau memfasilitasi berhenti jadi camat maupun Kepala Desa ,” terangnya

Laporan : Ahmar

Editor

Comment