Menorehkan Sejumlah Prestasi, Burhanuddin Raih Sultra Award 2023

Berita, Kendari221 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI — Kabupaten Bombana dianggap maju secara signifikan sejak dinakhodai Penjabat Bupati Ir H Burhanuddin MSi. Program-programnya diakui berdampak luas pada masyarakat.

Kemajuan yang ditorehkan Pj Bupati H Burhanuddin dibuktikan dengan sejumlah penghargaan sajak memimpin Bombana yang baru 14 bulan sampai saat ini.

Salah satu penghargaan yang diberikan adalah Sultra Award 2023. Burhanuddin menyabet award sebagai Palopor Pemberdayaan Masyarakat melalui program “One Village One Product” atau Satu Desa Satu Produk.

Sebelumnya Burhanuddin juga diundang oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara melalui Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) untuk menerima penghargaan karena Kabupaten Bombana dianggap berhasil mengendalikan inflasi daerah melalui TPID.

Dalam sepekan ini Burhanuddin menjadi salah satu pusat perhatian pada Sultra Award 2023 yang digelar Harian Kendari Pos. Dia meraih penghargaan sebagai tokoh Pelopor Pemberdayaan Masyarakat.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Fajar Coorporation Indonesia Suhendro Boroma di Hotel Claro, Rabu (27/9/2023).

Penganugerahan Sultra Award 2023 dihadiri langsung Pj Gubernur Sultra Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto, Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra Dr Patris Yusrian Jaya, Kakanwil Kemenkumham Silvester Sili Laba, Sekda Prov Sultra Asrun Lio.

Anggota DPD RI Andi Nirwana juga hadir beserta sejumlah pejabat dan tokoh penerima Sultra Award 2023 lainnya.

Burhanuddin juga dinilai mampu menjaga produksi pangan dan menjaga harga pangan tetap stabil di Bombana. Program kebijakan untuk ini adalah Setiap SKPD atau OPD menggarap Satu Hektar lahan perkebunan.

Program ini dinilai berhasil dengan stabilnya harga pangan dan produk-produk pertanian di Bombana. Itu pula yang menjadikan Bombana mampu mengendalikan tingkat inflasi inti.

Burhanuddin sejak menakhodai Kabupaten Bombana pada 24 Agustus 2022 lalu, terus berupaya memberdayakan masyarakat yang ada di Bombana, dengan memaksimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

Pada penganugerahan Sultra Award 2023, Burhanuddin mengatakan, penghargaan yang diperoleh merupakan pelecut semangat bagi dirinya dan seluruh jajaran untuk terus bekerja maksimal membangun Bombana menjadi lebih baik.

Program One Village One Product diakui merupakan salah satu uapaya yang dilakukan Burhanuddin untuk membangkitkan ekonomi seluruh desa yang ada di Bombana.

“Saya ingin semua desa bergerak untuk tumbuh dan maju melalui produk yang di buat sendiri dan bisa bernilai ekonomi,” katanya.

Saat ini seluruh desa yang ada di Bombana telah memiliki produk unggulan masing-masing. Produk unggulan itu terus didorong Burhanuddin untuk segera di pasarkan melalui ritel-ritel moderen yang ada di Bombana khususnya, dan di Sultra pada umumnya.

“Kita ingin seluruh produk unggulan Bombana dapat dipsarakan secara luas. Tidak hanya di daerah sendiri namun juga di daerah lainya yang ada di Sultra,” terangnya.

Laporan: Andita

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment