Peringati HLH, Pemkab Kolut Dorong Keterlibatan Komunitas Lokal

banner 468x60

TOPIKSUTRA.COM, KOLAKA UTARA – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara ( Kolut ) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) peringati Hari Lingkungan Hidup (HLH) yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Konferensi Stockholm di Jerman tanggal 5 Juni 1972 atau lebih di kenal sebutan World Environment Day.

Peringatan tersebut di ikuti oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selaku inisiasi Kegiatan Upacara dan diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD),Forkompinda bersama Unsur TNI/Polri yang dipusatkan dilapangan Aspirasi Kantor Bupati. Rabu (5/6/2024).

Penjabat (Pj) Kolaka Utara Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP.MA diwakili oleh Asisten II.setda kolaka utara. H. Syamsuddin. S.H selaku Inspektur Upacara.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) se Dunia tahun 2024 ini yang diselenggarakan secara serentak maupun global dengan mengangkat tema Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience.

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia dengan tema “Penyelesaian Krisis Iklim dg Inovasi dan Prinsip Keadilan”

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kolaka Utara, H. Syamsuddin. SH, saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya berharap melalui peringatan tahun ini menjadi pengingat bagi semua dan seluruh pemangku kepentingan agar peduli terhadap isu-isu lingkungan sekaligus juga dapat mendorong masyarakat untuk mengambil aksi nyata menjaga kelestarian lingkungan.

“Mari selesaikan masalah iklim melalui sebuah inovasi, dan juga upaya pemulihan lahan dgn melibatkan teknologi dan inovasi. Kedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas dalam menghadapi isu – isu lingkungan,” kata Syamsuddin dihadapan peserta Upacara.Rabu (5/6/2024)

Lebih lanjut, Syamsuddin mengatakan solusi permasalahan iklim harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat, termasuk pelibatan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan untuk mengelola dan mengakses sumber daya alam.

” Harus ada pelibatan Komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan dalam mengelola dan mengakses Sumber Daya Alam (SDA),” katanya

Diakhir sambutannya Syamsuddin mengucapkan “Selamat memperingati HLH Sedunia tahun 2024.”

Laporan : Ahmar

Editor

Comment