Personel Brimob di Kolaka Utara Diminta Tak Lupa Sejarah

Kolaka Utara123 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Ratusan Personel Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Sulawesi Tenggara yang bermarkas di Totallang, Kolaka Utara diminta tak melupakan sejarah.

Hal tersebut ditegaskan Komandan Batalyon C Pelopor Brimob Totallang, Kolaka Utara melalui Wakil Komandan Kompi I (Wadanki) Ipda Fahrisal bertepatan dengan peringatan HUT Korps Brimob Polri ke 77 pada Senin (14/11/2022).

Ipda Fahrisal mengingatkan agar tidak melupakan sejarah perjuangan satuan Brimob di berbagai pertempuran melawan penjajah pada masa kemerdekaan.

“Banyak prestasi membanggakan dan keberhasilan yang turut mengiringi perjalanan satuan Brimob Polri, di mana pada masa kemerdekaan Korps Brimob dikenal dengan nama Polisi Istimewa turut terlibat aktif dalam berbagai pertempuran melawan penjajah serta berbagai operasi,” terangnya kepada wartawan melalui WhatsApp-nya pada Senin sore (14/11/2022).

Ia mengatakan, saat itu Korps Brimob merupakan kesatuan bersenjata yang relatif lengkap dan terorganisir dengan baik, sehingga menjadi modal perjuangan bersenjata Indonesia.

“Sejak awal pembentukan, Korps Brimob disiapkan untuk menjadi pasukan elit Polri yang mampu bergerak cepat dengan mobilitas tinggi,” katanya.

Brimob juga ditugaskan menangani gangguan keamanan berintensitas tinggi terutama kerusuhan massa, kejahatan terorganisir bersenjata api, bom berbahan kimia, biologi, dan radioaktif.

“Korps Brimob Polri sebagai aparat penegak hukum, pelindung dan pengayom masyarakat akan berdiri di tengah-tengah untuk menjaga netralitas dan berusaha sebagai perekat persatuan serta menjadi penjaga Kebhinnekaan dan menjamin keamanan dalam negeri,” terangnya

Ia juga mengingatkan pesan Kepala Korps (Kakor) Brimob Polri yang berpesan kepada seluruh keluarga
besar Korps Brimob Polri agar senantiasa bersyukur melalui wujud pengabdian dan keikhlasan untuk
melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Peringatan ini sendir ditandai juga dengan pemotongan tumpeng pada pukul 09.40 Wita di Mako Brimob Batalyon C Pelopor Totallang. Syukuran tersebut dipandu Ustadz Nasaruddin dan diikuti para Danton dan seluruh personel.

Laporan: Ahmar

Editor

Comment