Pesonil Gabungan TNI – Polri Siaga Amankan Pemilu 2024

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA– Sebanyak 1.355 personil gabungan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), dipastikan siap disiagakan guna mengamankan jalannya proses pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang. Banyaknya desa-desa yang mendiami wilayah pegunungan menjadi tantangan yang bakal dihadapi seluruh personil keamanan.

Kapolres Kolaka Utara (Kolut). AKBP Arif Irawan, SH, SIK, MH menjelaskan, sebanyak 1.355 personil yang stand by siap ditugaskan dan ini merupakan aparat gabungan TNI-Polri hingga unsur keamanan lainnya. Mereka siap mengawal proses distribusi logistik termasuk memastikan keamanan di setiap TPS seluruh wilayah hukumnya.

“Sampai saat ini belum ada yang kami anggap kategori cukup rawan. Hanya saja tantangan kami lebih kepada kondisi medan yang harus dijangkau karena wilayah Kolut dominan perbukitan,” tuturnya Arif usai memimpin simulasi pengamanan pemilu imulasi dihalaman Mako Polres Kolut, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut,Arif Irawan mengatakan, untuk memastikan kesiagaan seluruh personil, pihaknya telah melakukan simulasi. Gambaran yang ditampilkan menjadi bayangan bagi segenap satuan yang memungkinkan berlaku pada pemilu 2024.

“Kami berupaya memastikan proses pemilihan di wilayah kami berjalan tanpa hambatan hingga tuntas,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan rilis hasil pemetaan Mabes Polri menyebut wilayah hukum Polda Sultra masuk dalam daftar 12 provinsi rawan pada pemilu 2024. Daerah ini mencakup kategori satu pengamanan pada perhelatan pesta rakyat mendatang.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment