Presiden Tiba di Kolaka Utara, Ini Agenda Kegiatannya

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Presiden Republik Indonesia,Ir.H.Joko Widodo tiba di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara ( Sultra) dengan menggunakan Helikopter Super Puma AS 332L2. Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan,Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dan Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto.

Helikopter Kepresidenan tersebut mendarat dilapangan Aspirasi Kota Lasusua sekitar pada pukul 12.38 Wita dan disambut langsung oleh Penjabat Bupati Kolaka Utara Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, Komandan Kodim 1412 Kolaka Letkol Inf Syafruddin Mutasidasi S.E, dan Kapolres Kolaka Utara AKBP Arief Irawan, S.I.K.

Kedatangan Presiden RI ke – 7 ini di Kabupaten Kolaka Utara baru kali pertama dengan dua agenda kerja, pertama mengamati kondisi Pasar Lacaria dan kedua membagikan paket beras bulog kepada warga Kolaka Utara menjelang hari Raya Idul Adha 1445 H

Dalam kunjungannya, di Pasar Lacaria H.Joko Widodo langsung mengamati stabilitas harga bahan pokok menjelang idul Adha 1445 H bukan hanya itu bahkan berdialog dengan para pedagang dan membagikan paket sembako, memberikan bantuan modal usaha kepada para pedagang.

Dari hasil pengamatannya, H.Joko Widodo mengatakan kepuasan terhadap kondisi pasar, terutama harga beras yang terbilang masih rendah dan ketersediaan stok yang cukup memadai.

” harga saya lihat sangat baik, terutama beras tetapi saya tadi kaget, beras lokal dijual Rp.11 ribu per kilogram untuk yang medium, dan untuk yang premium Rp.13 ribu per kilogram, saya kira baik.”ujar H.Joko Widodo kepada Wartawan saat diwawancarai di lokasi Pasar Sentral Lacaria, Selasa, (14/5/2024)

Bahkan H.Joko Widodo menegaskan tidak ada kekhawatiran terkait stok beras mengingat cadangan Bulog saat ini telah mencapai 1,8 juta ton, lebih tinggi dari biasanya sebesar 1,2 juta ton.

“Jadi untuk stok enggak ada masalah,” tegasnya.

H.joko Widodo juga memberikan tanggapan positif Mengenai kestabilan harga barang lainnya.

“Ya yang lain saya kira tadi bawang merah 35 (ribu per kilogram), kemudian bawang putih Rp50 ribu. Saya kira masih baik, yang bawang merah malah lebih rendah dibanding di Jawa, jauh,” jelasnya

Menurut, H.Joko Widodo dalam persiapan menjelang hari raya Idul Adha pihaknya tidak menyatakan kekhawatiran khusus tentang lonjakan harga karena kondisi pasar yang terlihat stabil dari dua kunjungan terakhirnya.

“Saya lihat sudah ke dua pasar harga – harga baik, terutama beras yang saya agak khawatir kan beras—beras di sini malah baik karena memang produksi lokalnya juga melimpah, enggak ada masalah,” terangnya

Selain harga bahan pokok, Presiden juga melihat harga ikan dan sayur dan cabai.

Setelah melakukan kegiatan di Pasar Lacaria, H.Joko Widodo kembali melanjutkan kegiatan kedua yakni di Alun – Alun Kota Lasusua untuk membagikan paket sembako dari Bulog. Selain itu, juga memberikan sepeda unit kepada warga desa Ponggiha dan Pitulua yang berhasil menghafal Pancasila.

H.Joko Widodo menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bantuan untuk bulan April 2024.

“Gimana untuk bantuan pada bulan Januari, Februari,dan Maret apakah sudah diterima atau belum, katanya

Ribuan Warga yang hadir di Alun – alun kota Lasusua menjawab secara serentak sudah menerima

“Jadi hari ini bantuan untuk bulan April,sebentar juga untuk bulan mei jadi bantuan ini sementara sampai Juni,dan semoga anggaran APBN kita ada kelebihan agar bisa dilanjutkan sampai bulan Desember 2024,tuturnya

Menurut Orang nomor satu di Indonesia itu menjelaskan bahwa kenaikan harga pangan Ini hampir terjadi di semua Negara dan kenaikannya pun melebihi dari harga,itu di sebabkan terjadi kemarau panjang karena El Nino dan ada perang di Palestina dan Ukraina.

” Ya,walaupun dampaknya kita rasakan dengan naiknya harga pangan,namun itu tidak masalah di Negara kita, karena semua itu tergantikan dengan subsidi oleh bantuan pangan cadangan beras Pemerintah yang hari ini bapak dan ibu terima,” bebernya

Menurutnya ,jika dibandingkan dengan negara negara lain yang berada pada kesulitan dengan kenaikan harga pangan yang tinggi.

Kunjungannya ini menunjukkan upaya berkelanjutan Pemerintah dalam memastikan kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat, khususnya menjelang hari raya besar seperti Iduladha.

Terpisah, salah satu warga Desa Babussalam Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara penerima bantuan, Rais mengatakan kami sangat senang,bangga dan berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah datang di Kolaka Utara untuk menyalurkan bantuan secara langsung.

” Selain beras 10 kilogram saya juga mendapatkan bantuan dalam kemasan yang isinya beras 5 kilogram, minyak goreng 1 kilogram, gula 1 kilogram,teh wangi 1 dos,dan biskuit 2 bungkus.” ucapnya dengan haru campur senang di kunjungi langsung oleh Presiden.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment