Sulkarnain Paparkan Keberhasilan Selama Jadi Wali Kota Kendari

Berita, Kendari65 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir memaparkan berbagai pencapaian yang telah diraih dalam mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni. Hal ini disampaikan melalui Expose 5 Tahun Pembangunan Kota Kendari yang bertempat di Kantor Balai Walikota kendari, Senin (03/09/2022).

Melanjutkan kepemimpinan ADP-Sulkarnain, masa jabatan Sulkarnain-Siska Karina Imran menorehkan berbagai pencapaian pembangunan. Salah satu dari pembangunan layanan publik. Dalam paparannya, Sulkarnain berhasil mewujudkan pelayanan publik berbasis digital dalam 3 tahun terakhir.

“Salah satu pelayanan digital yang sudah dirasakan masyarakat adalah hadirnya aplikasi New Laika,” katanya.

Menurutnya, New Laika berhasil mengatasi permasalahan pungutan liar yang sering terjadi dalam hal kepengurusan surat-surat di pemerintahan. 

“Yang dulunya kalau urus KTP harus punya kenalan, kalau tidak punya biasanya tidak jelas kapan selesainya. Mungkin cepat tapi pasti ada tarif. Alhamdulillah hari ini suasana seperti itu tidak lagi kita temukan di kota kendari,” ujar Sulkarnain.

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa penguatan pelayanan publik juga dilakukan dengan pembangunan mal pelayanan publik. Menurutnya, pembangunan mal pelayanan publik Kota Kendari sudah mencapai 98 persen dan dalam waktu dekat ini melakukan soft launching.

Selain itu, perhatian serius juga diberikan pada sektor ekonomi khususnya UMKM, dimana pada tahun 2021 telah melahirkan 1000-an UMKM unggul hasil dari binaan 100 mentor yang disertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) guna meningkatkan kompetensi pelaku UMKM.

Dari segi Infrastruktur, pembangunan jalan lingkar (Inner Ring Road) yang menghubungkan Jalan MT. Haryono (Pasar Baru-Kampus Baru) dan Jalan Z.A Sugianto (Depan Masjid Al-Alam-Jembatan Triping) kini  pembangunannya sudah mencapai di atas 67 persen. Diharapkan pembangunan ini dapat mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Kendari.

Sementara itu dari segi iesehatan, Pemerintah Kota Kendari melakukan penambahan rumah sakit tipe D yang berlokasi di Kecamatan Puuwatu serta pembangunan puskesmas Kecamatan Kandai yang dipersembahkan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di Kota Kendari.

“Mudah-mudahan dengan ini bisa meningkatkan kualitas kesehatannya sehingga dengan kesehatan yang prima kita bisa menyaksikan masyarakat kendari yang lebih maju di masa mendatang,” kata Sulkarnain.

Melalui kegiatan Exspose ini, Sulkarnain juga memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan Kota Kendari karena telah berjuang digaris terdepan dalam menghadapi Covid-19. Ia mengaku pandemi Covid-19 menjadi pukulan telak yang di hadapi pemerintah kota.

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Comment