Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemkab Kolut Teken MoU dengan YTIJ

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dibidang Sains dan Matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) teken kerjasama dengan Yayasan Tekhnologi Indonesia Jaya (YTIJ) Jakarta.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) itu digelar di salah satu Aula Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi di Jakarta, Jum’at (9/6/2023) selama satu tahun, mulai tanggal 9 Juni 2023 hingga 9 Juni 2024.

Namun kedua belah pihak memiliki opsi untuk memperpanjang atau mengakhiri kerjasama ini berdasarkan kesepakatan bersama sebagaiman yang tertuang dalam perjanjian kerjasama.

Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara, Parinringi SE. M.Si menjelaskan, perjanjian kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama di bidang Sains dan Matematika khusus bagi para guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama ((SMP).

“Dengan adanya kerja sama ini, kami yakin akan membawa dampak positif bagi dunia pendidikan diwilayahnya dengan tujuan untuk meningkatan mutu pendidikan, terutama pelatihan dan Pendidikan Guru Bidang Studi Sains dan Matematika,” jelas Parinringi kepada wartawan saat dikonfirmasi melalui Kabid kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika Kolut, Sabtu (10/6/2023).

Lebih lanjut, Parinringi mengatakan, menyadari pentingnya pengembangan pendidikan yang berkualitas guna mencetak generasi muda yang kompeten di era digital.

“Dalam kerja sama ini, salah satu fokus utama adalah pelatihan bagi para guru sehingga dapat menguasai materi pembelajaran yang terkini serta metode pengajaran yang inovatif, sehingga dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi para siswa,” terangnya.

Menurut Parinringi, dari kerja sama ini banyak hal yang didapatkan dari pelatihan ini baik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyampaikan materi pelajaran secara efektif, mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada siswa, serta memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.

” Perjanjian kerja sama ini berlangsung selama setahun kedepan dan akan mulai berlaku setelah perjanjian lerja sama operasional ditandatangani,” katanya

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya( YTIJ) pihaknya berkomitmen untuk bekerja sama secara aktif dalam melaksanakan program-program pendidikan yang tertuang dalam nota MoU.

“Kami berharap bahwa melalui kerja sama ini, para guru dan siswa akan terus memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini,” bebernya

Sementara ditempat yang sama, Pendiri Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ), Prof. Yohanis Surya, P.hD., menyatakan kegembiraannya dalam menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara.

“Kami akan menjaga dengan baik komitmen ini untuk bersinergi dan saling mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah Kolaka Utara, melalui program-program yang inovatif dan berkelanjutan guna mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang di maksud.” ucapnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment