Workshop Jurnalistik Kehumasan Lingkup OPD Bombana, Andi Hatta: Wartawan Harus Disiplin Verifikasi

Berita, Bombana117 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA, BOMBANA – Workshop Jurnalistik Kehumasan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bombana mengahdirkan akademisi dan sejumlah praktisi media, salah satunya, Andi Hatta, mantan Ketua Komisi Informasi Sultra.

Kegiatan yang digelar Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfo) Kabupaten Bombana tersebut berlangsung selama dua hari (4-5 Desember 2023) dan diikuti 41 orang bagian humas OPD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bombana.

Dalam pamaparannya, Andi Hatta yang akrab dipanggil Andita mengatakan, penulisan berita harus diawali dengan pengumpulan data dan fakta.

Dengan pendekatan struktur piramida terbalik, berita diawali dengan informasi penting (lead), kemudian tubuh berita yang merinci fakta dan informasi terkait peristiwa, sementara di bagian pentutup merupakan rangkuman atau informasi tambahan yang terlalu penting.

Dalam penggunaan rumus 5W+1H, maka penulisan berita pada pragraf awal (lead) minimal memuat fakta dasar menyangkut, apa (what), siapa (who), kapan (when) dan dimana (where).

Sementara pertanyaan why (mengapa) dan how (bagaimana) ditempatkan pada pragraf selanjutnya yang masuk.bagian badan berita.

Selain fakta dasar dan informasi penting dalam penulisan berita, hal yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan judul berita yang menarik, singkat, padat dan jelas.

Prinsinsip utama yang harus diperhatikan dalam penulisan berita bahwa tidak boleh mencampuradukkan opini dengan fakta.

Informasi yang disampaikan harus up to date dan terverifikasi. “Wartawan harus disiplin verifikasi sehingga tidak data dan informasinyang disampaikan betul-betul valid,” tandasnya.

Selain itu, penulisan berita harus tetap independen dan cover both side (berimbang) .

Laporan: Rahmat

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment