ASR Sasar Wakatobi Sebagai Daerah Pertumbuhan UMKM Baru

banner 468x60

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM — Relawan Aku Sayang Rakyat (ASR) bentukan dari Mayjen TNI Andi Sumangerukka yang saat ini menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin menyasar Kabupaten Wakatobi sebagai wilayah peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertujuan memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah masa pandemi Virus Covid-19.

Mewujukan itu, Relawan ASR bersama Pelaku UMKM melakukan pertemuan di Hotel Wisata Wakatobi pada hari Senin 15 Ferbuari 2021 guna mambahas persiapan program UMKM termasuk peningkatan usaha yang berprogres memicu masyarakat lainnya sebagai pelaku UMKM baru.

“Pertemuan ini ber tema, membangun usaha kreatif bersama untuk Wakatobi yang lebih baik”, ucap penanggungjawab kagiatan, Erniwati Rasyid kepada wartawan (15/2).

Ia melanjutkan, ASR hadir ditengah-tengah masyarakat atas inisiatif seorang Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka hingga mengetuk relawan di berbagai berbagai daerah untuk bersama-sama peduli dengan masyarakat.

“Beliau sebagai pembina utama kami diperintahkan untuk menyegerakan diri dalam penanganan dampak Covid-19 ini, sehingga kami rasa ASR ini bagus untuk di Wakatobi. Harapannya kesejahteraan di Wakatobi bisa teratasi,” harapnya.

Program peningkatan UMKM, ASR memilih Wakatobi sebagai daerah pengembangan karena dinilai sebagai wilayah berpotensi karena strategis tujuan wisatawan lokal dan mancanegara.

“Kita usahakan agar bagaimana pelaku UMKM bisa bangkit dan bisa berinovasi untuk menghadapi Covid-19 ini. Kita tahu bahwa ditengah pandemi ini semua terputus mulai dari ekonomi, pendidikan tetapi dengan kegiatan ini kita bisa tahu bersama bahwa kita bisa bersama-sama bangkit,” urai Erniwati.

Erniwati melanjutkan, Mayjen TNI Andi Sumangerukka akan datang dalam waktu dekat ke Wakatobi untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Kemungkinan Maret, April beliau akan datang di Wakatobi. Ini menjadi kesempatan kita untuk bertanya mengenai berbagai hal termasuk tentang usaha,” ungkapnya.

Kegiatan perdana ASR di Wakatobi juga menghadirkan sejumlah narasumber dari pelaku UMKM, salah narasumber dari pengusaha kuliner, Wa Ode Nurwahida berharap ASR mampu menjadi wadah untuk menumbuh kembangkan UMKM sehingga pelaku UMKM bisa saling membantu.

“Sebenarnya kita punya sumber daya cuma kita belum punya wadah. Mudah-mudahan ASR ini bisa membantu,” harapnya.

Laporan : Hendri

Editor