Bambaea Digenangi Air Polsek Poltim Turun Bantu Warga

Berita, Bombana32 Views
banner 468x60

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Kelurahan Bambaea, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana kerap menjadi sasaran banjir di setiap musim penghujan. Seperti yang terjadi Senin (10/2/2020), air setinggi lutut orang dewasa kembali menggenangi sejumlah rumah warga di wilayah itu.

Meski tak ada korban jiwa, tampaknya hal itu menjadi perhatian serius bagi Kepolisian Resor (Polres) Bombana melalui Kepolisian Sektor(Polsek) Poleang Timur.

Kanit Binmas, Aipda Iskandar bersama jajaran Polsek Poleang Timur turun langsug membantu warga membersihkan saluran air (Drainase) yang tersumbat karena tumpukan sampah, yang menyebkan terjadinya luapan air kepemukiman warga.

Aipda Iskandar mengatakan salah satu penyebab banjir di wilayah itu karena kondisi Kelurahan Bambaea yang memang berada pada dataran rendah ditambah lagi saluran pembuangan drainase yang tersedia sudah dipenuhi dengan sampah plastik. Sehingga dengan cepat wilayah tersebut digenangi air hujan.

“Perlunya menjadi perhatian serius. Untuk itu dengan melibatkan pemerintah dan warga setempat, kita kerja bakti bersihkan saluran air,” ujarnya.

Langkah itu dinilainya sebagai salah satu upaya mengantisipasi banjir. Sebab menurutnya, meluapnya air ke pemukiman karena tidak teralirinya air hujan dengan baik melalui saluran pembuangan.

“Saluran air tersumbat karena kotoran,” katanya.

Ia menghimbau semua warga agar lebih giat memelihara lingkunganya. Tentunya kata dia, dengan kesadaran sendiri, membuka apabila ada sampah yang menyumbat drainase.

Iskandar bersama pemerintah kelurahan setempat akan berkordinasi dengan BPBD Kabupaten untuk mencari solusi dan mengatasi penyebab banjir.

Laporan: Refli

Editor

Comment