Bombana Zona Merah, Pasien Positif Corona Bertambah

Berita, Bombana, SULTRA200 Views
banner 468x60

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengumumkan adanya 4 tambahan pasien positif Corona. Sehingga pertanggal 30 April 2020, total pasien positif Covid-19 di Bombana menjadi 5 orang.

Sehari sebelumnya (29/4/2020), Satgas mengumumkan adanya temuan satu pasien positif sehingga Kabupaten Bombana ditetapkan sebagai zona merah COVID-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bombana, Heryanto melaporkan empat kasus positif yang baru saja terkonfirmasi berdasarkan hasil uji swab. Diketahui, tiga diantaranya adalah klaster KM Dorolonda yang sandar di pelabuhan Baubau beberapa waktu lalu. Eks penumpang KM Dorolonda tersebut terkonfirmasi masuk ke Bombana pada 7 April 2020 lalu.

“Laki-laki 23 tahun beralamat Kecamatan Mata Oleo, kemudian Laki-laki 32 tahun itu di Kecamatan masaloka Raya dan laki-laki 33 tahun juga dari Kecamatan Masaloka raya,” katanya pada TOPIKSULTRA.com, Kamis malam, (30/4/2020).

Sedangkan pasien positif satunya lagi seorang laki-laki (17) adalah tracking kontak serumah dengan perempuan asal Masaloka yang berusia 22 tahun, eks penumpang KM Dorolonda yang kini berstatus PDP dan telah dirujuk pada pada 22 April lalu, namun kabarnya hingga saat ini masih menunggu hasil swab.

“Hasil tracking dari empat klaster Dorolonda 70 orang masyakarat Masaloka Raya yang telah dilakukan rapid test pada 22 April lalu, hasilnya empat reaktif yang kini hasil swab-nya sudah keluar dan positif COVID-19,” jelasnya.

Menurutnya, sebanyak 50 orang hasil tracking dari 4 orang klaster Dorolonda yang beberapa sebelumnya sudah pernah mengikuti rapid test yang hasilnya non reaktif akan kembali ditindaklanjuti dengan cara dibawa ke rusunawa dan rencananya akan diajukan untuk tes swab.

“Rencana aksi besok. Total 65 orang kontak erat dengan klaster Dorolonda dan Nakes, terdiri dari Masaloka Raya, Mata Oleo, Kabaena, Poleang Selatan dan Rumbia Tengah,” kata Heryanto.

Diterangkan, keempat pasien positif COVID-19 ini berdasarkan hasil swab tersebut telah dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID-19 Sultra, yakni RSUD Bahteramas Kendari.

Untuk diketahui pertanggal 30 April 2020 kasus positif COVID-19 di Bombana berjumlah 5 orang, PDP 2, ODP 12, dan OTG 39 Orang.

Laporan: Refli

Editor

Comment