David Jimanipits Kini Pimpin Lembaga Musyawarah Adat Asmat

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, ASMAT — David Jimanipits terpilih menjadi Ketua Lembaga Musyawarah Adat Asmat (LMMA), terpilihnya David setelah memalui musyawarah para ketua adat dari rumpun Bismam, Simai, Pomar Sirau, Unir Sirau, Betsbup dan Safan pada hari Kamis 4 November 2021 di Kampung Ewer, Distrik Asmat, Provinsi Papua.

“Saya tidak menyangka bahwa jabatan ketua LMAA ini jatuh kepada saya, ini mungkin kerja roh, terima kasih kepada tua-tua wayir, yang mana sudah memberikan kepercaan,” ucapnya.

Diketahui, pemilihan ketua LMMA diserahkan kepada ketua adat dari masing masing rumpun mengusulkan dua bakal calon sehingga total calon ketua berjumlah delapan orang, namun pada tahap seleksi teraisa lima orang yang lolos.

Dan nama nama itu dikembalikan kepada para tua tua adat (yang duduk di tungku utama atau Wayir) dan dilakukan musyawarah, kemudian menghasilkan keputusan satu nama tunggal sebagai ketua yaitu David Jimanipits.

“Terpilihya saya dan Wakil Ketua Bartholomeus Bokoropces, kami dua akan memimpin lembaga ini bersama pemerintah daerah agar negeri ini tetap aman dan damai, ini adalah titipan parah leluhur,” tambahnya.

Selanjutnya dilanjutkan acara pengukuhan yang disaksikan oleh tamu/undangan.

‚ÄúLembaga Musyawarah Adat Asmat kedepan tidak bisa jalan sendiri namun akan bekerjama dengan pemerintah Daerah dan Keuskupan serta lembaga-lembaga lain,” tambah David. Hendriansyah/Hery Bary

Editor

Comment