DPRD Bombana Sarankan Satgas Covid-19 Manfaatkan Rusun Jadi Tempat Isolasi Pendatang

Berita, Bombana105 Views
banner 468x60

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana, menyarankan agar gugus tugas pencegahan covid-19 Bombana memanfaatkan Rumah Susun (Rusun) sebagai rumah isolasi atau rumah karantina bagi setiap orang yang berasal dari luar daerah dengan tujuan Bombana khususnya yang berasal dari daerah transmisi lokal.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua II DPRD Bombana, Iskandar. Menurutnya, langkah tersebut dapat memaksimalkan usaha pencegahan dan memutus rantai persebaran virus COVID-19 di Bombana.

“Setiap warga pendatang tak terkecuali warga asli Bombana yang datang dari wilayah transmisi lokal,” ujarnya kepada TOPIKSULTRA.com, Jumat,(10/4/2020).

Hal itu bertujuan agar seluruh pergerakan orang-orang tersebut dapat terproteksi, dan dengan masa waktu selama 14 hari itu juga kondisi serta perkembangan kesehatan mereka dapat dipantau terus oleh tim medis setempat. “Konsekwensinya, seluruh kebutuhan pokok selama masa isolasi ditanggung oleh Satgas,” katanya.

Adapun pendatang dengan tujuan ke kecamatan lain, maka rumah karantinanya disiapkan oleh masing-masing kecamatan dan seluruh akomodasi orang-orang yang diisolasi tersebut juga ditanggung oleh satgas di tingkat kecamatan yang pembiayaannya dari dana satgas kabupaten.

“Begitu lepas masa isolasi, dipersilahkan menuju tujuan rumah masing-masing. Manfaat lain dari kebijakan ini adalah memberi efek bagi mereka yang dari luar untuk membatasi dulu urusan masuk Bombana, kecuali urusan logistik,” tambahnya.

Langkah ini untuk menyempurnakan rencana kebijakan pemerintah yang merumahkan sopir angkot. “Inilah yang dimaksud kebijakan yang terstruktur universal, tidak parsial atau sepotong-sepotong,” ucapnya.

Laporan: Refli

Editor

Comment