Info Terbaru Covid-19 Bombana Dapat Diakses di covid19.bombanakab.go.id

Berita, Bombana100 Views
banner 468x60

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COMĀ — Mulai Jumat 10 April 2020, informasi terbaru perkembangan penanganan dan pencegahan covid-19 di Bombana dapat diperoleh melalui pusat informasi online dengan cara mengakses link covid19.bombanakab.go.id

Hal itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bombana, H. Tafdil melalui juru bicara gugus tugas Kabupaten, Herianto. Menurutnya, aplikasi informasi tersebut memudahkan masyarakat setempat untuk memperoleh informasi terkini terkait penanganan pencegahan dan perkembangan wabah Covid-19 di Bombana.

“Masyarakat bisa melihat langsung by name, by address terkait penyebaran corona, dimana berapa jumlah yang terbanyak per Kecamatan dan Desa. Baik pada saat pemantauan/monitoring, isolasi rumah, suhu badannya dan lainya,” ujarnya di Posko Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bombana, Jumat (10/4/2020).

Selain itu, kata Herianto, aplikasi informasi tersebut juga menyuguhkan informasi seputaran tindakan dan kegiatan yang telah dilakukan oleh satgas Kabupaten hingga satgas yang ada di dusun dalam upaya memutus rantai penyebaran corona virus di Bombana.

“Sistim ini memberikan informasi ke publik kerja Satgas secara cepat dan ter-update. Apa saja yang dilakukan satgas dapat dipantau,” urainya.

Selanjutnya, sistem ini juga memudahkan kinerja satgas di semua tingkatan, sebab pola penginputannya yang dimulai dari satgas dusun dengan mendata riwayat perjalanan, identitas, nama lengkap dan nomor telepon seseorang yang dicurigai telah melakukan kunjungan ke luar daerah yang telah ditetapkan ke dalam zona merah atau daerah transmisi lokal.

“Setelah menerima data laporan manual yang dibuat oleh satgas dusun, lalu diinput oleh admin umum di desa,” jelas Herianto.

Kemudian admin di desa akan menindaklanjuti ke tim surveilans yang ada di kecamatan, dan di tahap inilah akan dilakukan screening atau pemeriksaan awal bagi masyarakat tersebut.

“Setelah itu yang menentukan apakah dia OTG ODP, PDP itu adalah admin di tahap IV atau Satgas Kabupaten,”urainya.

Laporan: Refli

Editor

Comment