Menghadapi PRB, BPBD Konut Jalin Kerjasama Dengan Basarnas Sultra

Berita, Kendari388 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara jalin kerjasama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau dikenal dengan BASARNAS Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menghadapi Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB).

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara bersama rombongan bertandang di Kantor Otoritas Pelabuhan SAR Provinsi Sulawesi Tenggara yang disambut Kepala BNPP (Basarnas) Muhamad Arafah,SH.M.Si bersama Kru Basarnas.

Keduanya membahas program kerjasama di bidang Penanganan Bencana, Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Peralatan.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhamad Arafah,SH.M.Si menjelaskan, kedatangan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD bersama rombongan membahas kerjasama atau bersinergi dalam dalam penanganan Bencana Alam.

” Hasil pertemuan kami adalah membahas program kerjasama dalam bentuk penanganan bencana dan kami siap bersinergi,” ujar Muhamad Arafah saat di Wawancarai di halaman pelabuhan SAR Kendari, Minggu (15/10/2023)

Lebih lanjut, Muhamad Arafah mengatakan, dalam menghadapi Bulan Pengurangan Risiko Bencana Basarnas Provinsi Sulawesi Tenggara bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) siap bersinergi dalam melaksanakan kegiatan persiapan personil maupun sarana prasarana.

“Hal ini dilakukan apabila suatu saat terjadi bencana diwilayah Kabupaten Konawe Utara,” ujarnya.

Muhamad Arafah menyebut kegiatan -kegiatan yang di lakukan berupa pelatihan personil dalam menghadapi penanganan bencana, terutama banjir yang diprediksi terjadi November tahun 2023.

“Tekait hal itu, kami akan mengadakan pelatihan bersama dengan Jajaran BPBD Konut untuk persiapan personil dan sarana serta memberikan bantuan kepada masyarakat apabila terjadi bencana alam,” terangnya

Menurutnya, persiapan pelatihan bersama di pusatkan di Kabupaten Konawe Utara pada bulan November tahun 2023 ini dan itu kami sudah ajukan kepada Pemerintah Kabupaten Konawe Utara.

“Lokasi latihan bersama diwilayah Kabupaten Konawe Utara pada bulan November tahun 2023 ini,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Konawe Utara,Ns.Muh.Aidin,S.Kep.MM mengungkapkan Kerja sama dengan pihak Basarnas bukan hal yang baru kami laksanakan dan tetapi sudah berjalan beberapa tahun terakhir

Menurut Muh.Aidin, pihaknya akan sinkronisasikan antara program Basarnas dengan BPBD baik itu dari sisi pengembangan sumber daya manusia (SDM), pengadaan sistem peralatan maupun kerja sama sistem komunikasi jajaran BPBD dan Basarnas dilapangan.

“Inilah semua kita akan bangun dan bersinergi kedepannya agar disetiap penanganan kejadian bencana, BPBD dan Basarnas selalu bergandeng tangan untuk hadir ditengah-ditengah masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya berkomitmen dan bersepakat antara Basarnas Provinsi Sulawesi Tenggara dan BPBD untuk mengantisipasi segala hal yang menyangkut kebencanaan.

“Kita sudah berkomitmen dan bersepakat antara Basarnas dan BPBD kita siap selalu hadir secara bersama -sama dilokasi kejadian,” tuturnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment