Motif Tenun Bombana Raih Karya Kriya Terbaik di Dekranasda Award

Berita, Bombana179 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, JAKARTA — Masyarakat Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) patut berbangga. Karya Kriya Potensial berupa motif tenunnya meraih juara di ajang Dekranasda Award. Penghargaan itu diberikan dalam rangkaian pameran Kriyanusa 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) dari 13 sampai 17 September 2023.

Demikian disampaikan Ketua Dekranasda Hj Fatmawati Kasim Marewa S.Sos, Ahad (18/9/23).

Pemberian award itu sendiri digelar di hari terakhir Kriyanusa 2023 pada Ahad sore. Dekranaada Bombana meraih penghargaan kategori Karya Kriya Potensial dengan produk motif kain tenun terbaik Indonesia berdasarkan penilaian tim juri.

Menurut Fatmawati, kain-kain tenun Bombana dengan motif pilosofi kepala kuda mencuri perhatian peminat tekstil di ajang fashion show. Apalagi gaun bermotif kepala kuda khas Bombana diperagakan oleh enam model pada 15 September di panggung special show Kriyanusa 2023.

Fatmawati Kasim Marrewa juga sangat bersyukur Karya Kriya berupa kain tenun motifnya berbuah penghargaan. Motif tenun terbaik yang diraihnya merupakan penghargaan pertama tingkat nasional sejak Dekranasda Bombana berdiri.

“Kita bekerja dengan tulus menciptakan produk-produk kerajinan yang terbaik. Dengan sabar dan tulus kita seperti diberi kemampuan oleh Allah sehingga motif kain tenun dapat penghargaan ini,” kata Fatmawati Kasim Marewa.

Dia mengaku banyak menyimak usulan, konsep dan arahan dari Ketua Umum Dekranas Hj Wury Ma’ruf Amin. Konsep dan usulan-usulannya cukup bagus untuk dikreasikan.

Raihan penghargaan pada Dekranasda Award ini sangat membanggakan. Kain tenun yang dapat award ini bisa terus dikembangkan untuk menghasilkan yang lebih baik, sehingga dapat dipertahankan untuk Dekranasda Award berikutnya.

Dalam kategorinya, Dekranasda Bombana tebaik untuk produk motif kain tenun. Kemudian karya kriya terbaik juga diraih Dekranasda Kota Medan dengan produk daur ulang air dalam kemasan.

Peraih Dekranasda Award lainnya diberikan kepada Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat dengan produk anyaman bambu dan rajutan. Dan terbaik keempat diraih Kalimantan Utara.

Piagam penghargaan dan hadiah berupa logam mulia untuk Dekranasda Kabupaten Bombana itu diterima Ibu Jannariah dari pengurus Dekranasda Bombana.

Ibu Janariah yang telaten mengawal stand paneran Kabupaten Bombana dan terus mendampingi Ketua Dekranasda Hj Fatmawati Kasim Marewa S.Sos itu mengaku terharu atas capaian produk Dekranasda Bombana tersebut.

Janatiah mengatakan, belasan tahun Dekranasda Bombana berdiri akhirnya barulah di bawah kepemimpinan Pj Bupati Bombana Ir Hj Burhanuddin MSi dan Hj Fatmawati Kasim Marewa S.Sos sebagai Ketua Dekranasda dapat meraih penghargaan Dekranasda Award.

Raihan penghargaan pada Dekranasda Award ini sangat membanggakan. Kain tenun yang dapat award ini bisa terus dikembangkan untuk menghasilkan yang lebih baik, sehingga dapat dipertahankan untuk Dekranasda Award berikutnya.

Ketua Panitia Kriyanusa 2023 Ibu Sri Bahlil Lahadalia juga mengapresiasi Kabupaten Bombana yang meraih penghargaan terbaik Karya Kriya Potensial.

Saat mengungjungi booth Kabupaten Bombana, Ahad (17/9/2023), Istri Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ini mengatakan terima kasih kepada peserta Kriynusa 2023, khususnya Kabupaten Bombana.

“Kabupaten Bombana hari ini telah mendapatkan award kategori kain tenun dengan motif yang etnik, dan saya mengucapkan selamat dan sukses mudah-mudahan karyanya terus ditingkatkan dan semoga Bombana terus terdepan,” kata Sri Bahlil.

Raihan penghargaan ini melengkapi apresiasi penerintah pusat untuk Kabupaten Bombana. Di bulan ini Pj Bupati Ir H Burhanuddin MSi juga mendapat apresiasi karena Kabupaten Bombana dinominasikan sukses menurunkan angka inflasi daerah. Burhanuddin pun diundang ke Istana menerima piagam penghargaan di ajang TPID Award.

Laporan:Andita

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment