Pj Walikota Baubau Dukung Sistem Pemerintahan Berbasis Data Presisi

Baubau, Berita, SULTRA182 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – Rapat Koordinasi DPRD Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Tingkat I dan II serta Akademisi yang dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Komjen (P) Andap Budhi Revianto hari Jumat (29/09/2023), di ruang pola kantor gubernur membahas upaya mewujudkan Sultra Maju dan Sejahtera Berbasis Data Presisi.

Dalam arahannya Pj Gubernur meminta dukungan semua pihak untuk menghadirkan data akurat Sultra melalui kerjasama dengan akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sudah memiliki aplikasi Data Desa Presisi (DDP) dan sudah dipergunakan di 13 provinsi di Indonesia. Di Sultra, program DDP sudah mulai dilakukan di wilayah Kabupaten Kolaka Utara.

“Terlebih bahwa akademisi yang memiliki pengetahuan ini adalah putra daerah Sultra, mengapa kita tidak memanfaatkan teknologi ini agar program pembangunan dapat diarahkan secara tepat sasaran,” tegas Andap yang juga Mantan Kapolda Sultra.

Merespon arahan Pj Gubernur, Pj Walikota Baubau Dr. Rasman Manafi, SP MSi menyatakan pihaknya menyambut baik dan akan segera menindaklanjuti.

Aplikasi DDP dianggap mampu memberikan data akurat dan sangat bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan.

“Kami sepakat dengan Bapak Pj. Gubernur karena hal ini adalah basis kebijakan pembangunan. Insya Allah Kota Baubau akan segera mengaplikasikan DDP seperti halnya kota dan kabupaten lainnya di Sultra di tahun 2024,” jelas Rasman Manafi.

Ditambahkan, saat ini pemerintah kota Baubau fokus pada 8 (delapan) kegiatan percepatan penanganan kondisi daerah sesuai arahan Presiden RI yaitu Pengendalian Inflasi, Penurunan Kemiskinan Ekstrim, Penurunan Stunting, Percepatan Izin Investasi, Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Optimalisasi Potensi Daerah, Penyelenggaraan Pemilu 2024 dan Kondusifitas Daerah serta Antisipasi Konflik.

Laporan: Andita

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment