Bombana Kecolongan? Satu Orang WNA Rusia Lolos Masuk Bombana

Berita, Bombana126 Views
banner 468x60

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Upaya menutup ruang gerak pihak luar agar tidak bebas keluar masuk sebuah wilayah, dalam rangka memutus rantai penyebaran wabah Covid-19 yang semakin mengkhawatiran, Wilayah Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara dinilai justru kecolongan, dengan lolosnya seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia, yang kini berada di Bombana.

Wakil Ketua DPRD Bombana, Iskandar, menyayangkan lemahnya pengawasan orang luar masuk ke Bombana, yang dibuktikan dengan masuknya salah seorang WNA asal Rusia yang akan bekerja di salah satu perusahaan tambang di Kabaena milik PT Surya Saga Utama (SSU). “Kabupaten Bombana justru kecolongan dengan masuknya salah seorang Warga Negara Asing(WNA) asal Rusia,” ungkap Iskandar kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Iskandar menegaskan, harusnya dalam situasi seperti sekarang ini, WNA tersebut tidak diperbolehkan masuk dan bebas berkeliaran di wilayah Bombana. Apalagi, WNA ini berasal dari salah satu negara yang terpapar viris Covid-19. “Kenapa WNA dibiarkan dia masuk,” sesalnya.

Menurutnya, karena ini sebuah kecolongan yang besar, Iskandar mendesak agar Gugus tugas pencegahan Covid-19 melakukan langkah proteksi dan monitoring yang ketat terhadap WNA tersebut.

“Kita berharap bukan saja isolasi mandiri dengan mengikuti kemauan yang bersangkutan. Harus diawasi dan ditetapkan sebagai ODP serta ruang geraknya dibatasi agar tidak berinteraksi bebas,” ujarnya.

Iskandar menduga, WNA tersebut akan bekerja di wilayah Kabaena Utara dalam rangka pembongkaran pabrik Smelter milik PT SSU, yang tentunya akan berinteraksi dengan para pekerja lainnya yang berada di wilayah tersebut.

“Di sini orang masih awam dengan Corona mereka merasa aman saja karen yang bersangkutan tanpa gejala. Sementara di beberapa kasus seseorang yang terinfeksi tidak langsung menunjukan gejala, nanti setelah beberapa hari dan sudah parah baru nampak,” kata Iskandar.

Juru Bicara Satgas pencegahan Covid -19 Bombana, Sunandar, membenarkan kedatangan WNA Rusia tersebut. Ia mengungkapkan, riwayat perjalanan si Rusia itu pertama tiba di Jakarta dan melanjutkan perjalanan ke Kendari lalu meneruskan perjalanan ke Bombana dengan tujuan Ke Kabaena Utara.

Menurutnya, keberadaan WNA Rusia ini sudah terkonfirmasi dengan Kepala Puskesmas Kabaena Utara. “Orang Rusia ini, malam ini masih bermalam di Bambaea, besok baru melanjutkan perjalanan ke kabaena utara,” katanya, Jumat,(27/3/2020).

Dari informasi yang diperoleh Sunandar, WNA Rusia tersebut menyebut namanya yang mirip nama orang Indonesia. “Namanya Wulan , dalam kondisi sehat, dan selanjutnya akan dilakukan pemantauan oleh Puskesmas Kabaena Utara dan humas perusahaan yang di tuju dan yang bersangkutan sudah berjanji akan melakukan isolasi mandiri,” kata Sunandar.

Laporan: Refli

Editor

Comment