Dinkes Sultra Gelar Aksi Bergizi di Kolaka

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dinkes Kabupaten Kolaka menggelar Aksi Bergizi di SMP Negeri 1 Kolaka, Rabu (19/10/2022).

Aksi Bergizi yang dibuka langsung oleh Asisten 3 Setda Kolaka Wardi, turut dihadiri oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Kesehatan Lingkungan Dinkes Sultra I Kadek Sutomo, Kepala Dinkes Kolaka Harun Masirri, serta sejumlah kepala OPD Kolaka lainnya.

Asisten 3 Setda Kolaka, Wardi mengatakan, kegiatan Aksi Bergizi ini sejalan dengan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Kolaka dalam hal pemenuhan layanan masyarakat yang berkualitas. Karena itu, ia meyakini bahwa kegiatan ini akan menjadi salah satu upaya strategis dalam percepatan penurunan stunting.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Kesehatan Lingkungan Dinkes Sultra, I Kadek Sutomo mengatakan, kesehatan anak usia sekolah dan remaja saat ini sangat menentukan derajat kesehatan generasi bangsa di masa depan. Karenanya, anak usia sekolah perlu dibekali dengan pendidikan kesehatan.

“Kita perlu mempersiapkan mereka menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, salah satunya melalui pendidikan kesehatan agar mereka mampu menghindarkan diri dari permasalahan yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Disebutkan, permasalahan yang dihadapi oleh anak usia sekolah dan remaja cukup kompleks. Anak usia sekolah maupun remaja diperhadapkan pada berbagai penyakit serius akibat perilaku yang dimulai sejak masa remaja seperti menderita stunting, anemia, hingga kekurangan gizi.

Padahal, lanjut dia, gizi adalah komponen penting dan memiliki peran sentral untuk mencapai 13 dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu melalui perbaikan gizi, banyak tujuan lain yang bisa dicapai.

“Gizi remaja merupakan cerminan masalah gizi pada usia dini. Banyak remaja memasuki tahap perkembangan dalam kondisi menderita stunting, dan juga sering kali memiliki berbagai kekurangan zat gizi,” ujarnya.

Laporan : Azhar Sabirin

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment