Dispora Mubar Kirim Empat Perwakilan Ikut Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi

banner 468x60

MUNA BARAT, TOPIK SULTRA.COM– Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muna Barat (Mubar) mengirim empat siswa-siswi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk melakukan seleksi tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Empat siswa-siswi tersebut akan mengikuti seleksi pada tanggal 13 Mei 2019 di Kendari bersama perwakilan Pasibraka 17 kabuapaten/kota se Sultra, seklaigus mengikuti seleksi Paskibraka sebagai perwakilan Sultra ke tingkat nasional untuk tampil pada upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke- 74, 17 Agustus Tahun 2019 mendatang.

Empat siswa-siswi tersebut yakni, Nengah Wiko Angriawan (SMKN Tiworo Utara), Amin Adil Ada (SMAN 1 Lawa), Luh Rasmawati (SMAN 1 Tikep) dan Diony Jasinta Mangambe (SMAN 1 Maginti).

Kadispora Mubar, La Ode Daerah Hidayat menyampaikan, ke empat siswa/siswa tersebut merupakan calon Paskibraka yang terbaik yang telah lulus seleksi ketat dari 20 SMA/SMK se- Mubar dengan peserta sebanyak 430 siswa-siswi peserta seleksi.

“Tahap pertama dimulai dari tanggal 22-29 April 2019, kemudian tahap ke dua, dipangkas menjadi 230 peserta. Setelah itu di saring menjadi 6 orang kemudian terpilihlah 4 siswa-siswi terbaik yang siap mengikuti seleksi di Kendari nanti mewakili Mubar,” terangnya kepada Topiksultra.com saat di temui di ruang kerjanya, Senin (6/5/2019).

Menurutnya seleksi yang dilakukan sangat ketat karena melibatkan pihak Dispora Mubar, juga dari unsur TNI, Kepolisian, dan dari tim alumni STPDN. Lebih lanjut, Mantan Kasat Pol PP Muna ini juga mengatakan, terpilihnya ke empat siswa-siswi tersebut merupakan hasil dari seleksi yang ketat dari beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh peserta seleksi.

“Para peserta seleksi paskibraka ini harus memiliki beberapa kriteria yang harus mereka penuhi, diantaranya tinggi badan putri minimal 165 cm, maksimal 175 cm. Sementara putra, tinggi badan minimal 170, dan maksimal 180 cm. Mahir dalam Peraturan Baris-Berbaris (PBB)/wawasan tentang paskibraka, dan juga mereka harus masih berada di kelas 10 SMA, ” tuturnya

Dia mengharapkan, kepada empat siswa/siswi yang telah lolos seleksi di Mubar tersebut agar menampilkan yang terbaik, dan bisa membawa nama baik daerah.

“Semoga bisa menampilkan yang terbaik, membanggakan keluarga dan kedua orang tua, membawa nama baik Mubar, serta bisa lolos seleksi menjadi paskibraka nasional maupun provinsi,” tambahnya.

Laporan : La Ode Pialo

Editor

Comment