Gelombang Capai 6 Meter, Keberangkatan Rute Wanci-Lasalimu Ditunda

Wakatobi131 Views
banner 468x60

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Wanci menunda keberangkatan kapal rute Wanci-Lasalimu untuk sementara waktu. Penundaan itu diakibatkan cuaca buruk yang mengakibatkan tingginya gelombang laut.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Wanci, Kepulauan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Abdul Rahim menjelaskan, sejak Selasa 22 hingga 24 Januari 2019, menunda keberangkatan kapal penumpang rute pelayaran Wanci-Lasalimu, Kabupaten Buton.

Seperti hari ini, KM Usaha Jaya Baru yang merupakan salah satu kapal penumpang rute pelayaran Wanci-Lasalimu ditunda keberangkatannya karena faktor cuaca belum maksimal.

Kata Abdul Rahim, penundaan keberangkatan kapal penumpang tersebut karena ada himbauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk terus mewaspadai cuaca eksrim. Diperairan Wakatobi tinggi gelombang mencapai empat hingga enam meter.

KM. Usaha Jaya Baru rute Wanci-Lasalimu yang merupakan kapal yang ditunda berangkat. (Foto: Ode Nafi)

“Kapal kecil yang diizinkan hanya berkapasitas 24 sampai 34 GT, ” kata Abdul Rahim dikantornya, Kamis (24-1-2019).

Menurutnya, untuk hari ini Kamis 24 Januari, pihaknya hanya mengijinkan kapal rute Wanci-Kendari dan Wanci Wakatobi II (Kaledupa, Tomia dan Binongko).

“Kalau kapal jenis fery tetap diijinkan berangkat karena kapasitasnya lebih dari kapal kecil.Kami berharap kepada pemilik kapal tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan,” tambahnya.


Pewarta : Ode Nafi

Editor

Comment